Beijing (ANTARA) - Bank sentral China (People's Bank of China) merilis hasil penelitian survei yang menyatakan semakin banyak penduduk perkotaan di negara tersebut bersedia meningkatkan konsumsi mereka pada kuartal I 2023 dibandingkan kuartal sebelumnya.

Dari 20.000 nasabah bank perkotaan yang disurvei di 50 kota di seluruh China, sebanyak 23,2 persen di antaranya menyatakan kesediaan mereka untuk meningkatkan konsumsi pada kuartal I 2023 atau naik 0,5 poin dibandingkan kuartal sebelumnya.

Proporsi responden yang lebih ingin berinvestasi mencapai 18,8 persen atau naik 3,3 poin persentase dari kuartal sebelumnya.

Sementara itu, berbagai produk keuangan yang diluncurkan oleh bank, perusahaan pialang, dan perusahaan asuransi menempati urutan teratas dalam daftar opsi investasi pilihan responden, yang disusul oleh dana perwalian (trust fund) dan saham.

Sekitar 58 persen responden juga cenderung memilih memperbanyak tabungan mereka yang turun 3,8 poin dari kuartal sebelumnya.

Survei tersebut menunjukkan bahwa masyarakat berharap dapat meningkatkan pengeluaran mereka pada kuartal II 2023, terutama untuk pendidikan, perawatan medis, dan pariwisata.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023