Beijing (ANTARA) - Kementerian Keamanan Publik China atau China's Ministry of Public Security (MPS) merilis rangkaian standar industri baru mengenai keselamatan publik yang mencakup manajemen lalu lintas jalan raya, ilmu forensik, dan teknologi gambar video keamanan publik.

Sejauh ini, MPS telah merilis 2.599 set standar yang berlaku dan telah membentuk sistem standar industri yang relatif komprehensif untuk keselamatan publik, demikian menurut konferensi pers MPS di Beijing, Senin (3/4).

MPS juga memimpin perumusan 12 standar internasional di bidang tersebut. Saat ini, terdapat sembilan komite teknis standardisasi di bawah naungan MPS, dengan hampir 1.400 anggota.

Seorang pejabat MPS Li Jian mengatakan dengan dirilisnya standar baru tersebut, maka diharapkan semakin meningkatkan peran keamanan publik dalam mendorong implementasi hukum dan peraturan, mendukung penegakan hukum dan manajemen bisnis, meningkatkan kualitas dan efisiensi produk, serta mendorong aplikasi inovasi ilmiah dan teknologi di bidang relevan.

Standar yang baru dirilis itu mencakup standar kehidupan sehari-hari masyarakat, seperti standar nasional terkait helm bagi pengendara dan penumpang sepeda motor dan sepeda listrik.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023