Melalui kick off apel siaga ini diharapkan arus mudik dan balik di JTTS dapat berjalan lancar....
Bandarlampung (ANTARA) - PT Hutama Karya (HK) berkomitmen memberikan pelayanan terbaik pada masa arus mudik Lebaran 2023 kepada pengguna Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

"Hari ini kami menggelar apel siaga sebagai tanda kesiapan dan komitmen HK dalam memberikan pelayanan terbaik di JTTS kepada seluruh pemudik," kata Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro, di Lampung, Selasa.

Dia mengatakan bahwa arus mudik dan balik Lebaran tahun ini akan lebih menantang karena tol JTTS yang dikelola oleh Hutama Karya semakin bertambah panjang, baik yang operasional maupun fungsional.

"Kami telah menyiapkan berbagai strategi dan mitigasi yang matang, mengoptimalkan pelayanan, memastikan kondisi jalan serta fasilitas di jalan tol utamanya rest area nyaman digunakan oleh pemudik,” ujarnya.

Koentjoro juga berpesan kepada seluruh petugas siaga mudik Lebaran yang telah dibentuk untuk amanah dalam menjalankan tugas serta menjaga kesehatan selama melaksanakan pelayanan mudik dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H di JTTS.

Dalam Apel Siaga Mudik Lebaran 2023 tersebut ditutup dengan pengecekan seluruh armada siaga di Jalan Tol Terpeka untuk memastikan kendaraan patroli, rescue, ambulans, derek dan lainnya sudah teruji kesiapannya.

"Melalui kick off apel siaga ini diharapkan arus mudik dan balik di JTTS dapat berjalan lancar dari berbagai aspek dan juga dapat meningkatkan semangat dan kinerja para personel yang bertugas agar terus memberikan pelayanan optimal, serta sebagai tanda kesiapan seluruh tim memastikan jalan tol yang dikelola sudah aman dan siap dilalui oleh pemudik,” kata dia lagi.

Ia pun mengatakan, selain kesiapan fasilitas, armada dan personel siaga, Hutama Karya juga tengah melakukan peningkatan kualitas jalan tol dengan melakukan pemeliharaan di beberapa jalan tol yang dikelola, khususnya pada ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) dan ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka).

Pemeliharaan rutin yang dilakukan yakni seperti scraping, filling dan overlay (SFO) atau pengelupasan dan pelapisan kembali, serta peningkatan kualitas jalan tol yang bersifat long-term sustainability seperti rekonstruksi, agar dampak pemeliharaannya bukan hanya bersifat sementara tapi lebih permanen sehingga kualitas jalan tol akan meningkat lebih baik lagi.

“Hutama Karya pastikan bahwa seluruh pemeliharaan tersebut akan rampung pada 6 April sebelum berlangsungnya arus mudik, sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pemudik dan tidak berdampak pada lalu lintas di jalan tol," kata dia pula.
Baca juga: HK pastikan pelayanan Optimal di JTTS pada momen natal dan tahun baru
Baca juga: HK siapkan 3.132 petugas siaga pada arus mudik Lebaran di JTTS

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023