Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Plt Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Subagyo, Kamis malam, menutup konferensi remaja internasional "Global Youth Forum" di Nusa Dua, Bali.

"Hasil rekomendasi dari pertemuan ini akan dibawa pada `International Conference on Population and Development` (ICPD, red) 2014," kata Subagyo usai menutup "Global Youth Forum".

Subagyo menjelaskan, rekomendasi dari Global Youth Forum akan menjadi bahan masukan bagi pemerintah dari masing-masing negara peserta pada ICPD 2014.

ICPD merupakan sebuah acara bersejarah yang menciptakan hubungan fundamental antara memajukan hak-hak dan kesehatan orang muda, khususnya wanita muda dan menghadirkan pembangunan yang efektif dan berkelanjutan.

Dia juga mengatakan, ICPD 2014 merupakan sebuah tinjauan yang menjadi mandat Program Aksi yang telah disetujui oleh 179 negara anggota yang menghadiri Konferensi Internasional tentang Kependudukan dan Pembangunan pada tahun 1994.

"Proses peninjauan ICPD akan menilai kemajuan, kesenjangan, dan tantangan-tantangan baru dalam mencapai tujuan-tujuan dari Program Aksi melalui proses yang melibatkan para pemegang kepentingan termasuk pemerintah, masyarakat sipil, dan pemuda," katanya.

Sementara itu, Acara Global Youth Forum berlangsung pada 4-6 Desember 2012, dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, antara lain dihadiri oleh Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi. Hadir juga menjadi bintang tamu apda acara tersebut artis papan atas Agnes Monica.

Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Sudibyo Alimoeso mengatakan pada acara itu Pemerintah Indonesia menyosialisasikan tentang program generasi berencana (GenRe).

"Program ini mengajak remaja untuk menjauhi seks bebas, narkoba, dan HIV/AIDS," katanya.

(W004)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012