Manila (ANTARA) - Gempa berkekuatan magnitudo 6,6 mengguncang lepas pantai Viga di Filipina timur pada Selasa sehingga memicu peringatan tsunami dari badan seismologi negara itu.

Pusat gempa berada sekitar 120 km sebelah timur Viga dengan kedalaman 45 km, kata Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) secara terpisah.

EMSC semula memperkirakan gempa itu berkekuatan magnitudo 6,3.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) meminta masyarakat yang tinggal di dekat garis pantai provinsi-provinsi yang terdampak agar pindah ke daerah yang jauh dari pantai.

Baca juga: Gempa kuat melanda ujung timur Rusia

Badan itu juga memperingatkan bahwa daerah terdampak akan mengalami gelombang tinggi kurang dari 1 meter di atas air pasang normal dan bahwa gelombang tersebut dapat menjadi lebih tinggi di teluk dan selat yang tertutup.

"(Gempa) ini terjadi di laut. Kami mengeluarkan peringatan, gangguan kecil di permukaan laut," kata Teresito Bacolcol, petugas yang bertanggung jawab dalam badan seismologi itu, kepada radio DZMM.

"Masyarakat disarankan agar mewaspadai gelombang yang tidak biasa. Warga disarankan menjauh dari pantai," kata Bacolcol.

Dia menambahkan bahwa sejauh ini belum ada laporan korban jiwa atau kerusakan akibat gempa tersebut.

Baca juga: Gempa guncang Papua Nugini, tidak ada WNI jadi korban

Sumber: Reuters

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023