Dari pantauan, kami melihat harga bahan pokok masih stabil dan sebagian malah cenderung turun
Banda Aceh (ANTARA) - Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq memastikan harga bahan kebutuhan pokok di Ibu Kota Provinsi Aceh itu stabil selama bulan Ramadhan 1444 Hijriah ini.

"Dari pantauan, kami melihat harga bahan pokok masih stabil dan sebagian malah cenderung turun,” kata Bakri Siddiq di Banda Aceh, Selasa.

Hal itu disampaikan Bakri Siddiq usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Terpadu Al Mahirah, Lamdingin Banda Aceh bersama unsur Forkopimda usai mengikuti rakor inflasi secara virtual dengan pemerintah pusat.

Bakri menyebutkan harga komoditas seperti cabai saat ini malah turun menjadi Rp30 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp40 ribu. Kemudian harga bawang dan telur masih relatif normal.

Menurut Bakri, stabilnya harga bahan pokok di Banda Aceh tersebut tidak terlepas dari kerja keras seluruh pihak yang selama ini terus bekerja sama dengan Pemkot Banda  Aceh dalam program pengendalian inflasi.

Baca juga: BPS: 2.034 wisman ke Aceh pada Februari, paling banyak warga Malaysia

Baca juga: Masyarakat Banda Aceh mulai antri manfaatkan layanan penukaran uang


Operasi pasar dan pasar murah keliling menjadi salah-satu strategi yang dilakukan Pemkot untuk menjaga kestabilan harga.

"Ini berkat kerja sama kita dengan Forkopimda yang rutin melakukan sidak. Begitu juga instansi terkait seperti Diskop UKM dan Perindag yang rutin menggelar pasar murah dan pasar keliling dengan harga murah bagi warga kota," ujarnya.

Selain itu, kata Bakti, semua ini juga tidak terlepas dari program lainnya yakni subsidi daging dan ayam saat tradisi Meugang Ramadhan, sehingga harganya stabil dan cenderung turun.

Ia menegaskan Pemkot dan Forkopimda Banda Aceh serta instansi terkait akan terus melakukan pantauan ke pasar-pasar guna mengetahui kondisi terkini.

Kemudian, suplai komoditi juga akan terus dipantau, apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri, di mana permintaan sudah dapat dipastikan meningkat.

"Ini terus kita pantau, karena biasanya jelang lebaran permintaan meningkat. Suplai kita jaga agar harga tetap stabil," demikian Bakri Siddiq.

Baca juga: Bank Tabungan Negara Syariah serahkan mobil untuk USK Banda Aceh

Baca juga: Expo entrepreneur di Aceh catat transaksi penjualan capai Rp3,4 miliar

 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023