Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, mengirimkan bantuan logistik untuk warga yang terdampak banjir di Kecamatan Kapuas Tengah dan Timpah.

"Mudah-mudahan bantuan logistik ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kecamatan Kapuas Tengah dan Timpah," kata Wakil Bupati Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor di Kuala Kapuas, Selasa.

Hal itu disampaikannya usai melepas pengiriman bantuan logistik banjir untuk dua kecamatan setempat. Logistik dikirim dari halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menggunakan 20 truk.

Pelepasan bantuan itu juga disertai penyerahan dana siap pakai sebesar Rp250 juta untuk dukungan operasional penanganan darurat bencana banjir dan bantuan logistik sembako seribu paket, selimut lima ribu lembar dan matras lima ribu buah untuk korban terdampak banjir.

Bantuan diserahkan oleh Deputi Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setiawan kepada Wakil Bupati Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor.

Baca juga: Banjir berdampak pada 4.188 warga di Hulu Sungai Tengah

Dia berharap dalam beberapa hari mendatang tidak hujan sehingga air surut dan masyarakat kembali beraktivitas dengan normal.​​​​​​​

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga mengatakan, bantuan logistik yang dikirim ke lokasi banjir terdiri dari beras sebanyak 54,2 ton, mi cepat saji (instan) 54.240 dus.

Kemudian, minyak goreng 10.848 liter, sarden 10.848 kaleng, gula 54.240 kilogram, susu kental manis 53.240 kaleng, kecap 10.848 botol, kopi 54.240 pak dan teh 10.848 pak.

Banjir mengenangi 16 desa di Kecamatan Kapuas Tengah dan Timpah dengan jumlah korban terdampak sebanyak 5.424 kepala keluarga (KK) atau 16.508 jiwa.

Baca juga: Kalimantan Tengah salurkan 78 ribu paket sembako bagi korban banjir

Sedangkan jumlah rumah terendam sebanyak 4.223 unit, rumah ibadah 35 unit, sarana pendidikan 42 unit, sarana kesehatan 11 unit, fasilitas umum 36 unit dan akses jalan yang terendam 70 titik.

"Untuk korban jiwa tidak ada dan kita juga sudah menetapkan status tanggap darurat terhadap bencana banjir ini melalui keputusan Bupati Kapuas Nomor 161/BPBD Tahun 2023," katanya.

Selain mengirimkan bantuan logistik untuk korban banjir di dua kecamatan setempat, pihaknya juga  mengirimkan bantuan yang sama di wilayah Kecamatan Mantangai yang terdampak banjir.

"Di Kecamatan Mantangai itu, saat ini berdasarkan laporan yang diterima ada tiga desa terdampak banjir," kata Panahatan.

Pelepasan pengiriman bantuan logistik banjir itu juga dihadiri Deputi Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setiawan, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga, Kepala Dinas Sosial Yan Marto, Kepala Dinas Pendidikan Aswan dan sejumlah instansi terkait lainnya.
 

Pewarta: All Ikhwan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023