Jakarta (ANTARA) - Berkolaborasi dengan sejumlah musisi papan atas dunia, grup rock Dewa 19 resmi merilis video musik single terbaru “Love is Blind” yang menurut sang penggawa band Ahmad Dhani, lagu tersebut sempat ditawarkan ke mantan vokalis Dewa 19 yaitu Once Mekel.

“Lagu ini sempat ditawarkan ke Once. Ini serius, beneran nggak bohong, kan lagi bulan puasa. Demi Allah, saya pernah tawarkan untuk dijadikan single baru Dewa 19 tetapi Once kayaknya kurang berminat. Awalnya begitu," kata Ahmad Dhani ditemani sang gitaris Andra Ramadhan saat jumpa media di kawasan Thamrin Jakarta Pusat, Selasa.

Dhani menjelaskan bahwa single "Love is Blind" yang merupakan versi terbaru dari lagu "Cinta itu Buta" sudah sempat dibawakan oleh Mahadewa yang kala itu tampil dengan vokalis Judika Sihotang.

Baca juga: Gaet dewa musik Amerika Serikat, Dewa 19 rilis video "Love is Blind"

Seperti diketahui, Once Mekel menyatakan keluar dari grup yang turut membesarkan namanya tersebut pada tahun 2010. Dhani lalu mengatakan bahwa Dewa 19 sempat vakum beberapa waktu dan tidak memiliki vokalis tetap.

"Saya beranggapan, siapa tahu kalau Once yang menyanyikan 'Love is Blind' berarti Dewa 19 punya single baru dan bisa diedarkan ke KFC. Loh iya, Once itu punya jabatan penting di KFC," sambungnya mencermati respons sejumlah awak media yang tertawa.

Tetapi ternyata tawaran dari Ahmad Dhani kali itu tidak mendapatkan respons dari penyanyi bernama lengkap Elfonda Mekel tersebut.

"Once cuek saja, bisa dibilang ditolak mentah-mentah. Tapi ya sudah, saya dan Andra cuma bisa mengelus dada," paparnya.

Baca juga: Tak ada ikatan, Once akui enggan kembali bermain bersama Dewa 19

Salah satu pertimbangan Dhani ingin menggandeng Once untuk lagu "Love is Blind" saat itu adalah karena ia merasa karakter vokal dan pelafalan bahasa Inggris Once sangat cocok bila dibandingkan vokalis lainnya.

"Saya sih maunya single baru dengan Once karena lagu ini bisa jadi bagus kalau dia yang nyanyi. Ya, Ari Lasso juga tinggi suaranya, cuma bahasa Inggrisnya lebih bagus Once. Ternyata ditolak mentah-mentah sama Once, didiemin aja," tawa Dhani.

Akhirnya, Dhani memutuskan lagu "Love is Blind" dibawakan oleh duet penyanyi asal Kroasia yaitu Dino Jelusick yang sempat menjadi bagian dari band Whitesnake bersama Jeff Scott Soto yang pernah memperkuat dua album awal gitaris super cepat Ygnwie Malmsteen.

"Terima kasih karena Once tidak berminat, jadi akhirnya saya dan Andra tawarkan ke lagu ini ke Dino dan Jeff yang memang berminat," katanya.

"Love is Blind" merupakan single terbaru mega proyek musikal Dewa 19 All Stars yang menampilkan Ahmad Dhani (vokal/keyboard/program/synth), Andra Ramadhan (gitar), Ron Thal “Bumblefoot (gitar), Derek Sherinian (organ), Simon Philips (drums), Billy Sheehan (bass), Jeff Scott Soto (vokal), dan Dino Jelusick (vokal).

Baca juga: Kuasa hukum Once sebut pencipta tidak bisa larang penggunaan lagu

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023