Bengkalis (ANTARA) - Sebuah kapal nelayan dengan dua orang penumpang bertabrakan dengan Tug Boat Maju Daya 87 di perairan Desa Penebal, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau, Selasa, sekira pukul 16.00 WIB dan menyebabkan nelayan bernama Idrus (61) dinyatakan hilang, sementara Edi (31) yang merupakan menantu dari korban berhasil diselamatkan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis Sufandi kepada wartawan mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Basarnas Pos Bengkalis dan melakukan pencarian terhadap satu nelayan yang hilang tersebut.

"Korban yang hilang bersama menantunya saat itu sedang menjaring ikan di perairan Desa Penebal dan ketika terjadi tabrakan, korban tidak ditemukan sementara menantunya berhasil diselamatkan," ujar dia.

Dikatakan Sufandi, pencarian terus dilakukan oleh anggota BPBD Kabupaten Bengkalis bersama Basarnas Pos Bengkalis menggunakan perahu dengan menyusuri di areal lokasi tempat kejadian. Sedangkan anggota lainnya melakukan pendataan dan pencarian di jalur darat.

"Lima orang tambah satu dari Pusdalops melakukan pencarian yang terbagi di wilayah lokasi kejadian dan juga jalur darat," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor SAR Pekanbaru I Nyoman Sidakarya mengatakan sekitar pukul 17.20 WIB, pihaknya menerima informasi dari Nuryadi Agen Kapal PT Armada Maritim Nusantara, bahwa pada pukul 15.15 WIB telah terjadi kecelakaan laut antara TB Maju Daya 87 dengan kapal nelayan di perairan Selat Padang Desa Penebal.

“Ada dua orang nelayan dan 1 orang sudah ditemukan dalam keadaan selamat dan satu orang masih dalam pencarian," ungkapnya.

Kemudian, Kantor SAR Pekanbaru memberangkatkan tim penyelamat untuk melakukan pencarian ke lokasi kejadian hingga malam ini.

Baca juga: SAR Pontianak cari dua korban tabrakan kapal motor di Selat Karimata
Baca juga: Kemenhub periksa dua kapal tabrakan di Batam

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023