Indeks dolar turun ke level terendah baru dua bulan di 101,43, setelah tergelincir 0,5 persen semalam
Singapura (ANTARA) - Dolar AS tertahan di dekat posisi terendah dua bulan di awal sesi Asia pada Rabu pagi, karena data ekonomi yang lemah mendukung pandangan bahwa Federal Reserve mendekati akhir dari siklus pengetatan moneternya.

Data semalam menunjukkan lowongan pekerjaan AS turun ke level terendah dalam hampir dua tahun pada Februari, menunjukkan bahwa kondisi pasar tenaga kerja akhirnya melonggar.

Lowongan pekerjaan, ukuran permintaan tenaga kerja, turun 632.000 menjadi 9,9 juta pada hari terakhir Februari, Survei Pembukaan Pekerjaan dan Perputaran Tenaga Kerja bulanan, atau laporan JOLTS, menunjukkan. Para ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan 10,4 juta pembukaan.

Dikutip dari Reuters, indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang utama lainnya, turun ke level terendah baru dua bulan di 101,43, setelah tergelincir 0,5 persen semalam.

Euro naik 0,12 persen menjadi 1,0965 dolar, melayang di dekat puncak dua bulan yang disentuhnya pada Selasa (4/4/2023). Sterling terakhir diperdagangkan pada 1,2509 dolar, menguat 0,08 persen pagi ini, hanya sedikit dari level tertinggi sepuluh bulan yang dicapai sehari sebelumnya.

Kiwi terdongkrak 0,08 persen menjadi 0,632 dolar AS menjelang keputusan kebijakan dari bank sentral Selandia Baru (RBNZ) di kemudian hari.

Bank sentral diperkirakan akan memperlambat laju pengetatan moneter, menaikkan suku bunga hanya sebesar 25 basis poin. Investor akan mencermati dengan cermat komentar yang menyertainya untuk setiap petunjuk tentang berakhirnya siklus pengetatan.

Rodrigo Catril, ahli strategi mata uang senior di National Australia Bank, mengatakan penurunan lowongan pekerjaan menegaskan pelunakan permintaan tenaga kerja AS, dengan penurunan lebih lanjut diperkirakan selama beberapa bulan mendatang.

"Fokus akan beralih ke laporan ketenagakerjaan utama pada Jumat (7/4/2023), di mana konsensus memilih moderasi lebih lanjut dalam pertumbuhan data penggajian non-pertanian (NFP) menjadi 240 ribu."

Data pekerjaan yang lebih lembut dari yang diantisipasi menyebabkan pasar mengubah prospek kenaikan suku bunga. Pasar sekarang memperkirakan peluang 59 persen Fed akan mempertahankan suku bunga tak berubah pada pertemuan kebijakan Mei, alat CME FedWatch menunjukkan. Pasar memperkirakan peluang 43 persen Fed tidak menaikkan suku bunga sehari sebelumnya.

Jajak pendapat Reuters terhadap ahli strategi valuta asing menunjukkan bahwa dolar AS kemungkinan akan melemah terhadap sebagian besar mata uang utama pada tahun 2023, karena kesenjangan suku bunga dengan rekan-rekannya menyempit, menempatkan mata uang AS dalam posisi defensif setelah memimpin selama beberapa tahun.

Di pasar obligasi AS, imbal hasil obligasi pemerintah dua tahun, yang biasanya bergerak sejalan dengan ekspektasi suku bunga, naik 1,4 basis poin menjadi 3,848 persen, setelah turun 14 basis poin pada Selasa (4/4/2023).

Imbal hasil pada obligasi pemerintah AS 10-tahun naik 1,1 basis poin menjadi 3,348 persen, setelah turun 9 basis poin semalam.

Presiden Federal Reserve Cleveland, Loretta Mester mengatakan pada Selasa (4/4/2023) bahwa sementara ekonomi tampaknya berada di jalur menuju perlambatan, bank sentral kemungkinan memiliki lebih banyak kenaikan suku bunga di depannya.

Dolar Australia naik 0,18 persen menjadi 0,676 dolar AS, sehari setelah bank sentral Australia mempertahankan suku bunga tidak berubah di 3,6 persen, menghentikan 10 kenaikan berturut-turut, mengatakan perlu lebih banyak waktu untuk menilai dampak kenaikan di masa lalu.

Yen Jepang menguat 0,21 persen menjadi 131,41 per dolar.

Baca juga: Dolar jatuh karena data lesu, pasar bertaruh Fed dekati akhir kenaikan
Baca juga: Emas menguat, bertengger di atas 2.000 dolar AS untuk sesi kedua
Baca juga: Yuan terangkat 106 basis poin menjadi 6,8699 terhadap dolar AS

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023