Medan (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Medan, Sumatera Utara, menyebutkan pendaftaran mudik gratis Lebaran Idul Fitri 2023 di hari pertama saja sudah penuh dan bahkan melebihi kuota mencapai sekitar 5.300 orang, sementara kuota yang disediakan untuk pemudik untuk 5.000 orang. 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis di Medan, Rabu mengatakan di hari kedua pendaftaran atau pada Selasa (4/4), resmi ditutup baik yang mendaftar secara langsung maupun online (daring).

Pendaftaran langsung dilakukan di tiga lokasi, yakni Kantor Dinas Perhubungan Kota Medan di Jalan Pinang Baris, Kantor PKB Amplas di Jalan KH Rifai A Manaf Lubis, dan Taman Ahmad Yani di Jalan Imam Bonjol.

Sedangkan pendaftaran daring menggunakan google form dengan alamat http://forms.gle/guAYTWicmXMynJY59 atau melalui scan barcode yang telah disediakan.

Padahal, terang dia, rencana awal pendaftaran program 'Mudik Bareng Pemkot Medan 2023' atau Hari Raya Idul Fitri 1444 H akan berakhir pada Kamis (6/4).

"Mudik bareng Pemkot Medan digagas Bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution ini disambut antusias yang luar biasa. Kuota 5.000 kursi yang kita sediakan penuh, dan bahkan lebih," katanya.

Walau jumlah calon pemudik melebihi kuota 5.000 kursi penumpang, tapi Iswar meminta agar masyarakat yang telah mendaftar tidak khawatir.

Dinas Perhubungan kota Medan memastikan bahwa seluruh calon pemudik yang terdaftar itu tetap diberangkatkan ke 12 daerah tujuan di Provinsi Sumatera Utara.

Adapun 12 daerah tujuan mudik Lebaran 2023 di Provinsi Sumatera Utara meliputi Medan - Pakpak Bharat, Medan - Sidikalang, Medan - Sibolga, Medan - Sipirok, Medan - Kota Pinang.

Kemudian Medan - Padangsidimpuan, Medan - Tarutung, Medan - Panyabungan, Medan - Natal, Medan - Rantauprapat, Medan - Sibuhuan dan Medan - Gunung Tua.

"Meski melebihi kuota namun semua calon pemudik yang sudah mendaftar, Insya Allah akan tetap kita berangkatkan," ucap Iswar.
 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023