Program mina padi tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat.
Palembang (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju, Palembang membantu pengembangan pertanian dan perikanan terintegrasi atau mina padi di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel).

Bantuan Program Mina Padi diberikan kepada masyarakat di Dusun III Talang Andong, Desa Sungai Rebo, Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin yang tergabung dalam Kelompok Tani Bina Berkah, kata General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju, Palembang Yulianto Tribowo, saat meninjau lokasi program tersebut, Rabu.

Dia menjelaskan, pada tahap awal pengembangan mina padi dilakukan di Dusun III Talang Andong, Desa Sungai Rebo seluas 1,5 hektare yang termasuk dalam lokasi ring satu PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju.

Pengembangan program mina padi tersebut bekerja sama dengan dosen Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang Yulian Junaidi yang telah mendampingi Kelompok Tani Bina Berkah yang diketuai Abdul Fatih sejak November 2022.

Lokasi program mina padi tersebut yang sepanjang tahun tergenang air, dikembangkan penanaman padi terapung, ternak bebek petelur, budi daya ikan patin dan nila.

Kemudian dikembangkan rumah pembibitan tanaman sayuran, serta pembuatan pupuk kompos dan pupuk cair yang memanfaatkan bahan baku yang ada di sekitar lokasi seperti enceng gondok dan sekam padi, serta pembuatan pakan ternak.

Program mina padi tersebut diharapkan bisa berkembang dengan baik, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, serta bisa dikembangkan di daerah lain yang memiliki kondisi lahan yang tergenang air.

Selain itu, pihaknya juga akan mendorong di lokasi program mina padi itu menjadi desa wisata serta edukasi pertanian dan peternakan.

Kepala Dusun III Talang Andong Muslim mengatakan pihaknya menyampaikan terima kasih kepada pimpinan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju, Palembang yang menyalurkan bantuan tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL/CSR) perusahaan dalam bentuk program mina padi.

Program mina padi tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena lahan yang selama ini tidak produktif mulai memberikan hasil meskipun belum bisa dijadikan sumber penghasilan utama, kata Muslim.

Sedangkan dosen Unsri Yulian Junaidi selaku tenaga pendamping Kelompok Tani Bina Berkah, bersama timnya berupaya membantu mengolah lahan Dusun III Talang Andong, Desa Sungai Rebo secara maksimal agar bisa menjadi sumber penghasilan utama masyarakat setempat.

Selain mengembangkan program mina padi, pihaknya juga akan membantu masyarakat mengolah hasil pertanian dan peternakan menjadi berbagai makanan olahan yang bisa memberi nilai tambah, ujar tenaga pendamping kelompok tani itu.
Baca juga: Banyuasin buat demplot budidaya ikan dan mina padi di lahan gambut

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023