Pekanbaru (ANTARA) - Kepala BPKAD Riau Indra SE mengatakan, Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau tahun 2023 kembali memberikan bantuan keuangan khusus (BKK) bagi pemerintah 12 kabupaten/kota di Riau sebesar Rp309.868.734.773.

"Anggaran BKK tersebut dengan alokasi untuk empat pembiayaan kegiatan yakni bantuan keuangan ke kecamatan, bantuan rumah layak huni, bantuan pembiayaan kegiatan MTQ dan pembiayaan gaji guru bantu," kata Indra di Pekanbaru, Rabu.

Indra mengatakan, khusus pembiayaan gaji guru bantu tercatat lima daerah yang sudah diserahkan gaji guru bantu yakni Kabupaten Siak, Kabupaten PelalawanKabupaten, Indragiri Hulu, Kabupaten Kampar dan Kota Dumai.

Dengan demikian, katanya menyebutkan, bahwa maka tinggal tujuh kabupaten/kota yang belum melaksanakan pembayaran gaji guru bantu.

"Kita masih menunggu usulan gaji guru bantu kabupaten/kota lain dari masing-masing pemerintah daerah," katanya.

Ia menambahkan jika dokumen usulan lengkap, maka proses pencairan BKK untuk guru bantu paling lama dalam dua hari kerja.

Sementara itu dasar hukum keberadaan guru bantu adalah SK pengangkatan Surat Keputusan Mendiknas No 034/U/2003 dan Penetapan sebagai Tenaga Honorer PP 48/2005 tentang Tenaga Honorer. Honor rata-rata mereka sebesar Rp1 juta yang diambil dari APBN. 

Pewarta: Frislidia
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023