... Perempuan sangat rentan terinfeksi virus mematikan ini yang juga dapat berdampak pada anak-anaknya... "
Jakarta (ANTARA News) - Hari AIDS Sedunia (HAS) akan digelar pada Minggu (9/12), di Silang Monumen Nasional, Jakarta Pusat, dengan mengambil tema Lindungi Perempuan dan Anak dari HIV AIDS.

Sekretaris KPAP DKI Jakarta, Rohana Manggala, mengatakan, sesuai dengan temanya, Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) DKI Jakarta mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam meningkatkan perlindungan bagi perempuan.

"Perempuan sangat rentan terinfeksi virus mematikan ini yang juga dapat berdampak pada anak-anaknya. Tema tersebut juga diharapkan dapat menghapus stigma dan diskriminasi serta meningkatkan partisipasi kaum laki-laki dalam pemenuhan hak reproduksi perempuan," kata Rohana Manggala di Jakarta, Jumat.

Rohana Manggala menambahkan, dalam kehidupan keluarga, suami dan istri perlu ada mutual respect atau saling menghormati dan saling menjaga terutama karena saat ini kasus risiko penularan melalui heteroseksual cenderung meningkat.

"Hal ini berakibat penyebaran HIV AIDS merambah ke populasi ibu dan bayinya," katanya.

Jumlah kasus HIV AIDS pada perempuan umumnya dikarenakan pasangannya memiliki perilaku seksual yang berisiko tinggi. Situasi inilah yang kemudian menempatkan anak pada posisi rentan terinfeksi HIV dari orangtuanya yang terinfeksi dalam proses persalinan, menyusui, dan melalui media lain seperti transfusi darah.

(ANT-009/Y006) 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012