Tidak ada mudik seharga nyawa
Jakarta (ANTARA) - Pengamat transportasi dari Universitas Indonesia, Ellen Sophie Wulan Tangkudung menilai bahwa pulang kampung (mudik) menggunakan moda transportasi umum tetap lebih aman ketimbang menggunakan kendaraan pribadi, apalagi sepeda motor.

Ellen saat dihubungi Antara pada Kamis mengatakan, pemudik akan lebih aman jika menggunakan transportasi umum terutama dari sisi keselamatan saat berada di stasiun atau terminal karena wilayah itu memiliki fasilitas keamanan dan kesehatan yang mumpuni.

"Tidak ada mudik seharga nyawa. Oleh karena itu pilihlah moda kendaraan yang bisa menjamin keselamatan," kata Ellen.

Dalam proyeksi Kementerian Perhubungan, lanjut Ellen, pada mudik kali ini akan banyak pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Untuk itu, Ellen menyarankan agar pemudik sepeda motor memanfaatkan layanan mudik gratis dengan fasilitas layanan angkut sepeda motor menuju tempat tujuan.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya telah mengumumkan mudik gratis khususnya bagi pengguna sepeda motor diprediksi akan mencapai 25,13 juta orang atau 20,3 persen dari total prediksi pemudik tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang. Program tersebut ditujukan agar para pemudik lebih memilih moda transportasi umum untuk bepergian.

Menurut Ellen, ada kecenderungan dari para pemudik yang menggunakan sepeda motor saat mudik, yaitu mereka mengantisipasi mobilitas saat di kampung halaman nanti. Misalnya untuk kebutuhan silaturahmi atau kebutuhan lainnya. Belum lagi kalau kendaraan umum di kampung mereka sulit untuk dijangkau.

"Makanya mereka berpikir bahwa menggunakan sepeda motor saat mudik adalah pilihan terbaik," jelas Ellen.

Dalam memilih transportasi umum, lanjut Ellen, masyarakat harus memastikan bahwa armada yang mereka tumpangi telah lolos uji kelayakan dari pengelola terminal, baik kondisi bus yang layak jalan maupun kondisi supir yang prima.

"Sebenarnya semua itu perlu dilakukan demi menjamin keselamatan pemudik," ungkap Ellen.

Baca juga: Polsek Jagakarsa layani titip rumah dan motor saat mudik lebaran

Baca juga: Bersiap mudik gratis

Baca juga: Kemenhub ajak pemudik bermotor dari Jakarta naik kapal laut

 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023