Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tengah menyiapkan ASEANPedia untuk masyarakat luas mengenal lebih jauh pelaksanaan dan keketuaan Indonesia dalam ASEAN di 2023.

"Kemenkominfo dalam waktu dekat akan meluncurkan ASEANPedia yang berisi berbagai informasi tentang ASEAN," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kemenkominfo Usman Kansong saat dihubungi ANTARA, Kamis.

Usman mengatakan agar dapat inklusif bagi banyak pihak, nantinya ASEANPedia disiapkan dalam dua bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Sehingga nantinya tidak hanya memberikan informasi menarik bagi masyarakat di Indonesia tapi juga bisa menyentuh lebih banyak kalangan dari mancanegara.

"Nanti akan ada link khusus untuk ASEANPedia," kata Usman.

Baca juga: KTT ASEAN 2023 akan sahkan pengembangan ekosistem kendaraan listrik

Adapun saat ini Kemenkominfo telah mengelola situs web resmi ASEAN2023.id sebagai salah satu langkah memberikan informasi terkait pelaksanaan ASEAN 2023.

Lewat situs itu, Kemenkominfo mengelola konten artikel, foto, infografis, serta video terkait kegiatan seputar ASEAN 2023.

Selain situs web, Kemenkominfo juga memberikan dukungan komunikasi publik dalam bentuk ekspos di berbagai media massa dan media sosial sehingga ASEAN 2023 lebih dikenal oleh masyarakat.

Kemenkominfo juga memiliki tanggung jawab lainnya berupa pengelolaan pendaftaran untuk para media secara daring melalui situs web ASEAN2023.id.

Pendaftaran daring tersebut menjadi satu-satunya akses bagi para media untuk bisa mendapatkan izin meliput kegiatan ASEAN 2023 karena pendaftaran luring tidak akan tersedia.

Baca juga: Indonesia dorong komitmen one health lewat Pertemuan ASEAN

Diperkirakan akan ada sekitar 300-500 media yang meliput acara yang akan berlangsung di dua lokasi itu.

Untuk pelaksanaannya, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN direncanakan berlangsung sebanyak dua kali di Indonesia.

Pertemuan pertama bernama KTT ke-42 ASEAN berlangsung di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada 9-11 Mei 2023, dan pertemuan kedua bernama KTT ke-43 ASEAN akan bertempat di Jakarta, DKI Jakarta pada 4-7 September 2023.

Secara singkat dalam situs web resmi ASEAN2023.id, keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023 berfokus pada penguatan ASEAN sebagai kawasan ekonomi yang bertumbuh cepat, inklusif, dan berkelanjutan.

Harapannya para negara anggota ASEAN dapat bersama-sama membangun semua itu dengan dukungan arsitektur kesehatan yang baik, menjaga ketahanan pangan dan energi, serta menjaga stabilitas finansial.

Baca juga: Memaknai semangat satu kesatuan dalam logo ASEAN Indonesia 2023

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023