Relasi favorit pemesanan tiket tersebut di antaranya Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Jember dan Banyuwangi
Surabaya (ANTARA) - Tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) pada masa Angkutan Lebaran 2023 dengan keberangkatan dari Daerah Operasi 8 Surabaya, Jawa Timur, telah terjual 382.493 tiket atau sekitar 63 persen dari total tiket yang tersedia.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Kamis, mengatakan tiket tersebut terjual untuk periode 12 April hingga 3 Mei 2023 dari jumlah tiket yang disediakan sebanyak 607.073 tiket.

"Relasi favorit pemesanan tiket tersebut di antaranya Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Jember dan Banyuwangi," ucapnya.

Menurut dia, perjalanan KA yang masuk lima besar dalam okupansi yang telah dipesan masih sama, yaitu KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen PP, KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng - Kiaracondong PP.

KA Sritanjung relasi Surabaya Gubeng tujuan Ketapang dan Lempuyangan PP, KA Gumarang relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen PP dan KA Matarmaja relasi Malang – Pasarsenen PP.

Baca juga: KAI Daop 8 Surabaya telah menjual 239.625 tiket Lebaran 2023

Baca juga: KAI: Perjalanan KA terganggu akibat longsor di Malang Selasa pagi


"Sesuai data terbaru, tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit dipesan di antaranya pada 20 April 2023 sebanyak 93 persen, 19 April 2023 mencapai 81 persen dan 21 April 2023 sebesar 71 persen," ujarnya.

Sedangkan tanggal pemesanan tiket KA setelah hari Lebaran yang menjadi favorit yaitu pada 25 April 2023 sebesar 94 persen kemudian 26 April 2023 mencapai 91 persen dan 24 April 2023 sebanyak 84 persen.

Dia berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia.

"Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan," ujarnya.

Terkait persyaratan perjalanan KA, Luqman juga mengimbau pelanggan agar memperhatikan persyaratan perjalanan di antaranya wajib menggunakan masker dengan benar, usia 18 tahun ke atas wajib vaksin booster, usia 6-17 tahun wajib vaksin kedua, dan di bawah lima tahun wajib didampingi oleh orang dewasa yang telah memenuhi persyaratan.

"Bagi masyarakat yang akan melaksanakan mudik menggunakan kereta api, KAI masih menyediakan tempat duduk untuk tanggal berikutnya. Kami imbau untuk memperhatikan kembali tanggal keberangkatan serta persyaratan pelanggan sesuai aturan yang berlaku," kata Luqman.

Baca juga: KAI dan BNN tes urine masinis kereta di Bandung jelang Lebaran 2023

Baca juga: PT IMST dan KAI sepakati pengadaan "kit maintenance bogie" kereta api



 

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023