Ambon (ANTARA) - Dokter Spesialis Gizi Klinik memberikan tip agar penderita diabetes dapat berpuasa tetap aman dan sehat selama Ramadan, terutama dalam menjaga asupan kalori dan kadar gula darah.

Dokter Mellyana Kusuma Atmanegara menilai penderita diabetes tetap dapat berpuasa dengan tetap menjaga pola makan yang sehat.

“Jadi ada beberapa tip untuk penderita diabetes yang akan menjalankan puasa. Yang pertama, itu rutin memeriksa kadar gula darah saat berpuasa, kemudian sebelum memulai puasa  sebaiknya melakukan adaptasi dulu dengan cara berpuasa beberapa hari sebelum masuk di bulan Ramadan guna mengetahui kemampuan tubuh kita,” kata dr. Mellyana, di Ambon, Kamis.

Selanjutnya, ia mengingatkan untuk mulai  dengan minum air mineral saat berbuka puasa. Tidak hanya itu, batasi konsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak seperti, gorengan dan minuman manis.

Baca juga: Hal yang diperhatikan pasien diabetes saat puasa demi cegah komplikasi

Baca juga: Puasa bermanfaat bagi penyandang diabetes


“Kalau ingin mengonsumsi takjil yang manis, pastikan kandungan gulanya rendah atau bisa gunakan produk-produk bebas gula. Sekarang sudah ada sirup, gula jawa, madu, bahkan toping kental manis yang bebas gula,” katanya menerangkan.

Menurutnya, konsumsi makanan dalam porsi mencegah makan berlebihan, bisa dengan mencoba kue bebas gula yang sudah dibungkus per porsi dan yang kalorinya rendah.

“Konsumsi makanan ringan yang sehat di antara waktu berbuka dan sahur misalnya buah, sayur, dan kacang-kacangan. Jangan lupa untuk tetap terhidrasi,” ujar dr. Mellyana.

Agar gula darah tidak melonjak tinggi saat berpuasa, ia juga menyarankan beberapa cara untuk orang dengan diabetes.

Khusus diabetisi, agar kadar gula darah diabetesi tidak melonjak tinggi, maka wajib dengan minum air putih saat berbuka puasa, dan menggunakan produk bebas gula.

“Sekarang sudah banyak tersedia berbagai produk bebas gula yang bisa membantu diabetisi mendapatkan rasa manis dengan aman seperti gula jawa, madu, toping kental manis yang semuanya bebas gula,” kata  Mellyana.

Sementara itu untuk makanan yang berlemak tinggi seperti makanan bersantan semacam opor, rendang, bisa dimasak dengan santan yang lebih rendah lemak sehingga asupan lemak tetap terjaga.*

Baca juga: Saran pakar bagi penyandang diabetes jika ingin puasa

Baca juga: IDI paparkan kiat aman pasien diabetes berpuasa selama Ramadhan


Pewarta: Winda Herman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023