Jakarta (ANTARA) -
Sekretariat Jenderal (Setjen) DPD RI menghadirkan proyek perubahan "Akselerasi Transformasi Digital dalam Membangun Brand Image DPD RI" (AKSI DPD RI) guna membangun kepercayaan masyarakat terhadap DPD RI sebagai wakil daerah melalui penyebaran informasi.
 
“AKSI DPD RI merupakan proyek transformasi digital terkait penyebaran informasi DPD RI yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai peran dan kinerja DPD RI dalam memperjuangkan aspirasi dan kepentingan daerah sehingga meningkatkan kepercayaan terhadap DPD RI di masyarakat,” ujar Kepala Biro Protokol, Humas, dan Media Setjen DPD RI Mahyu Darma, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Hal tersebut dia sampaikan saat memaparkan proyek perubahan di lingkungan Setjen DPD RI di Kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Jakarta Kamis.

Dalam kesempatan tersebut, hadir beberapa pihak, di antaranya Sekretaris Jenderal DPD RI Rahman Hadi dan Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Teknis Dan Sosial Kultural Aparatur Sipil Negara LAN RI Caca Syahroni.
 
Lebih lanjut, Mahyu menyampaikan kemunculan AKSI DPD RI dilatarbelakangi oleh banyaknya masyarakat yang belum terlalu mengenal DPD RI. Padahal, sebagai produk reformasi dan sejak periode awal di tahun 2004, DPD RI telah memiliki capaian dan kinerja yang positif sebagai wakil daerah.
 
Mahyu mengakui informasi-informasi tersebut memang belum tersampaikan secara efektif ke masyarakat.
 
“Oleh karena itu, dalam proyek perubahan ini, kami ingin melakukan transformasi penyebaran informasi dari yang bersifat konvensional menjadi modern dengan memanfaatkan berbagai media baru dan disrupsi teknologi informasi. Tujuannya adalah agar penyebaran informasi menjadi efektif ke masyarakat,” kata dia.
 
Terkait rancangan program perubahan itu, Caca pun mengapresiasi dan menyambut positif hal tersebut. Dia lantas berpesan kepada Setjen DPD RI agar proyek perubahan yang diinisiasi Mahyu Darma itu dapat mendukung program reformasi birokrasi yang dicanangkan pemerintah dengan menyentuh pada unsur pengentasan kemiskinan, investasi, penggunaan barang dan jasa, serta pengendalian inflasi.
 
Ia juga berharap Mahyu Darma dapat berkolaborasi dengan para pemangku terkait dalam menyukseskan proyek perubahannya.
 
"Dengan adanya AKSI DPD RI, dapat membangun kepercayaan masyarakat terhadap DPD RI dan turut mendorong optimalisasi produk-produk daerah sehingga dapat meningkatkan perekonomian di setiap daerah," ucap Caca.

Baca juga: Ketua DPD cek kesiapan distribusi beras di Jatim jelang Lebaran

Baca juga: Ketua DPD RI desak pemerintah usut skandal pajak secara transparan

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023