Sentani (ANTARA) - Gereja Kristen Injili (GKI) jemaat Onomi Flavouw Sentani Kabupaten Jayapura, Papua menggelar prosesi drama Jalan Salib sebagai momentum memperingati wafat Isa Almasih.

Pelayan jemaat GKI Onomi Flavouw Sentani Pendeta Joseph Toisuta di Jayapura, Jumat mengatakan drama Jalan Salib merupakan bagian dari rangkaian ibadah Perayaan Paskah 2023.

"Dalam rangkaian prosesi ibadah Paskah termasuk di dalamnya kami menghayati wafat Isa Almasih dengan drama jalan salib," katanya.

Menurut Pendeta Joseph pesan yang ingin disampaikan dalam prosesi drama tersebut yakni dapat menghayati wafat Isa Almasih sehingga umat mampu dan optimistis melewati setiap krisis kehidupan.

"Gereja mengajak umat agar dalam menjalani kehidupan selalu menghayati akan wafatnya Isa Almasih sebagai pemberi teladan tentang arti kesabaran dan pengorbanan untuk melewati krisis dari berbagai sisi kehidupan," ujarnya.

Dia menjelaskan prosesi drama Jalan Salib ini mengambil rute sepanjang 200 meter dan mendapat pengawalan khusus dari aparat keamanan Polres Jayapura.

"Walaupun diguyur hujan deras, dengan rute 200 meter kegiatan drama jalan salib dapat berlangsung lancar berkat pengawalan dan pengamanan personil Polres Jayapura," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya mengimbau kepada seluruh umat Kristen dimana saja berada untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kedamaian di tanah Papua, selama perayaan hari besar keagamaan yang akan berlangsung pada 2023.

"Mengingat pada 2023 ini perayaan hari besar keagamaan saling berdekatan waktu pelaksanaannya maka kami mengimbau umat untuk menjaga keamanan dan kedamaian di tanah Papua," kata dia.

Baca juga: GKJW Dawarblandong gelar "Jalan Salib" kenakan baju adat Jawa

Baca juga: 7.110 orang mendaftar prosesi Semana Santa Larantuka jelang Paskah

Baca juga: Kemenag ajak umat Kristiani perkuat kerukunan pada momentum Paskah


 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023