"Banyak sekali ide dan gagasan kreatif tentang KUR (yang bisa dimunculkan para kepala desa),"
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun mengajak kepala desa (kades), terutama kades se-Probolinggo, Jawa Timur untuk memunculkan ide dan gagasan kreatif soal pengembangan program kredit usaha rakyat (KUR).

"Banyak sekali ide dan gagasan kreatif tentang KUR (yang bisa dimunculkan para kepala desa)," kata Misbakhun, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Ia menambahkan apabila ide dan gagasan kreatif soal KUR itu dapat pula disinergikan oleh kades dengan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), hal tersebut dapat memberdayakan UMKM yang selama ini menjadi sektor penting bagi perekonomian nasional.

Hal itu disampaikan Misbakhun saat menjadi narasumber dalam diskusi bertema "Masa Depan UMKM dan Fasilitas Akses Pembiayaan Pascapandemi" di Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (6/4). Diskusi tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang Samsun Hadi.

Dalam kesempatan itu, Misbakhun pun meminta para kades menyampaikan keluhan, persoalan, ataupun gagasan mereka seputar KUR dan UMKM yang merupakan dua program pemerintah yang menyentuh langsung masyarakat di tingkat bawah termasuk di desa-desa, di hadapan Samsun Hadi.

Ia lalu mencontohkan ide kreatif tentang pengembangan program KUR adalah bunga KUR di Malang yang dapat dikonversikan ke zakat mal.

“Nah, itu (bunga) diserap dan dijadikan zakat sehingga masyarakat tidak perlu membayar bunga, cukup membayar pokoknya dan ini merupakan suatu gagasan yang menarik,” kata Misbakhun.

Berikutnya, dia mengingatkan bahwa para kades merupakan garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dengan demikian, mereka harus diberdayakan. Dia pun meminta BI membuat kebijakan yang dapat mendekatkan program ekonomi pemerintah dengan para kepala desa selaku pengambil kebijakan di tingkat bawah itu.

“Para kepala desa memiliki pemikiran-pemikiran yang masih orisinal karena mereka yang berhadapan langsung dengan masyarakat, termasuk dengan problematika yang ada,” ucapnya.

Dia mengharapkan ide-ide cemerlang tentang strategi pengentasan UMKM dari para kepala desa pun bisa terealisasi. Untuk mewujudkan hal itu, ia menyarankan para kades berkolaborasi dengan lembaga-lembaga negara yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap KUR untuk membantu para pelaku UMKM di desa mengakses permodalan.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023