Jika cuaca mendukung, malam ini akan dilakukan pemasangan bantalan rel
Bogor ( ANTARA News) - Perbaikan rel kereta api (KA) di antara Stasiun Cilebut dan Bojonggede berangsur rampung seiring akan dipasangnya pondasi sirtu dan bantalan rel yang akan dilakukan Minggu malam ini.

"Bisa dikatakan pengerjaan perbaikan rel sudah 80 persen. Jika cuaca mendukung, malam ini akan dilakukan pemasangan bantalan rel," kata Kepala Humas PT KAI (Persero) Daop 1Jakarta, Mateta Rijalulhaq, saat dihubungi ANTARA, Minggu.

Mateta mengatakan, hari ini pengerjaan pemulihan rel yang amblas karena longsor dua pekan lalu memasuki tahapan pemasangan sirtu. Sirtu adalah pondasi atau panggung untuk meletakkan bantalan rel yang terdiri atas pasir dan batu.

Setelah pemasang sirtu, perbaikan rel memasuki tahapan pemasangan bantal rel sepanjang kurang lebih 200 meter.

"Jika pasangan bantalan selesai, baru dilakukan penyambungan rel dan penyebaran kricak atau kerikil yang ada di atas rel," katanya.

Menurut Mateta jika cuaca mendukung, pemasangan bantalan rel dan penyambungan akan dilakukan setelah kereta terakhir lewat yakni sekitar pukul 23.00 WIB.

Ia mengatakan, perbaikan rel cukup terkendala oleh cuaca yang kurang menentu. Selain itu, selama kereta dari Bogor di operasikan. Aktivitas pengerjaan dihentikan untuk keselamatan.

"Diusahakan malam ini pemasangan bantalan dilakukan, dengan pertimbangan tidak turun hujan. Tapi bila hujan turun pengerjaan akan dihentikan," katanya.

Setelah pemasangan bantalan rel dan penyambungan rel, proses pemulihan jalur kereta api akan memasuki tahapan menentukan posisi listrik aliran atas sebagai penggerak kereta.

Jika listrik aliran atas telah terpasang, maka rel sudah bisa dilalui oleh kereta secara sempurnah setelah melalui proses uji coba.

Mateta menambahkan, pihaknya optimis, dalam pertengahan minggu ini rel Cilebut dan Bojonggede dapat disambung kembali, dan perjalanan kereta api dari Bogor dan Cilebut dapat beraktifitas normal lagi.

(KR-LR)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012