Bandung (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia daerah operasi (Daop) II Bandung menyiapkan sejumlah kereta tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang liburan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013.

"Pemesanan tiket KA khususnya jurusan ke timur saat ini sudah meningkat, sekitar 70-80 persen sudah terpesan," kata Kepala Humas PT KA Daop II Bandung, Bambang Setya Prayitno di Bandung, Senin.

Kereta yagn ditambah adalah KA Mutiara Selatan, KA Lodaya, KA Argo Wilis dan Turangga serta KA Harina. Penambahan rata-rata dilakukan dua hingga tiga kereta yang disesuaikan dengan tingkat pemesanan tiket.

Peningkatan jumlah penumpang akhir tahun terkait Natal dan Tahun Baru itu, kata Bambang tidak lepas dari adanya libur bersama pada hari Senin (24/12).

"Kemungkinan membludaknya penumpang akhir tahun akan terjadi mulai Jumat (21/12). Kami antisipasi dengan menambah sejumlah kereta," kata Bambang.

Ia mencontohkan, KA Turangga dan Argo Wilis yang tingkat pemesanannya telah mencapai 90 persen siap dilakukan penambagan masing-masing dua keretaeksekutif. KA Lodaya juga ditambah yakni dua kereta eksekutif dan tiga KA kelas bisnis.

Meski akan terjadi peningkatan jumlah penumpang, kata Bambang dipastikan akan terangkut dengan kapasitas 100 persen tempat duduk.

"Hal sama untuk KA kelas ekonomi seperti Pasundang, Kahuripan dan Kutojaya Selata juga diantisipasi peningkatan penumpang, meski tingkat pemesanan sampai saat ini masih di bawah 70 persen kapasitas tempat duduk," kata Bambang.

PT KA Daop II Bandung, menurut Bambang sesuai prosedur tetap akan menggelar operasi pelayanan penumpang Natal dan Tahun Baru yang disinegikan dengan pengamanan dari aparat kepolisian.

"Sesuai dengan protap operasi pelayanan angkutan Natal dan Tahun Baru akan digelar hingga tanggal 3 Januari 2013," kata Bambang menambahkan.
(ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012