Jakarta (ANTARA News) - Laman mesin pencari Google memperingati kelahiran ahli matematika abad ke-19 yang sering digambarkan sebagai pemrogram komputer pertama dunia, Augusta Ada King atau Ada Lovelace.

Halaman muka mesin pencari itu menampilkan gambaran tentang putri penyair Lord Byron dan Anne Isabelle Milbanke yang hari ini, 197 tahun lalu, lahir di London, Inggris.

Ada dikenal karena perannya dalam ide mekanika komputer awal dalam Analytical Engine buatan Charles Babage, profesor matematika di Cambridge yang dikenal sebagai penemu mesih hitung rumit yang sekarang dianggap sebagai pendahulu komputer moderen.
 
Laman San Diego Supercomputer Center menyebutkan bahwa Ada merupakan sahabat Charles Babbage.

Babbage yang terkesan dengan kemampuan matematika Ada meminta dia menerjemahkan memoar ahli matematika Italia Luigi Menabrea tentang Analytical Engine rancangan Babage supaya bisa dipublikasikan di Inggris.

Catatan Ada antara lain meliputi apa yang dikenal sebagai algoritma pertama yang dimaksudkan untuk diproses sebuah mesin, dan spekulasinya tentang kemampuan mesin untuk membuat grafik dan musik kompleks pada masa mendatang.

Ada menyebut diri sebagai "seorang Analis (& Ahli Metafisik)." Dia memahami rencana mesin itu seperti Babage.

Dia sudah melihat perangkat itu akan menjalankan fungsi seperti fungsi umum komputer sekarang dengan menyebutnya ditujukan untuk "membangun dan tabulasi fungsi apapun... mesin ini adalah ekspresi material dari fungsi tak terbatas dari tingkat umum sampai rumit."

Ada, yang mendapat gelar Countess of Lovelace setelah suaminya, William King, mewarisi gelar bangsawan, meninggal dunia karena kanker pada usia 37 tahun tanggal 27 November 1852. Dia dimakamkan disamping makam sang ayah yang tak pernah dia tahu.

(*)

Pewarta: Maryati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2012