- Lembaga keuangan Amerika Latin memulai debut di pasar Dim Sum China.

- Permintaan melipat gandakan penawaran awal, dengan penerbitan ditutup senilai 600 juta renminbi (CNY).

     HONG KONG, 7 Desember 2012 (ANTARA/PRNewswire) -- Dalam rangka diversifikasi sumber pendanaan dan basis investornya, CAF -bank pembangunan di Amerika Latin- memulai debutnya di pasar obligasi renminbi (CNY), menegaskan kembali kehadirannya di pasar internasional dengan penerbitan obligasi pertamanya dalam mata uang China.

     Penempatan ini adalah untuk CNY600 juta ($100 juta), dengan permintaan kuat senilai lebih dari CNY1.2 miliar akan obligasi yang jatuh tempo pada tahun 2015, yang memiliki kupon 3,55%.

     Setelah memperhatikan bahwa lembaga ini termasuk di antara emiten pertama Amerika Latin di pasar ini, Presiden CAF Enrique Garcia berkata, "peringkat kredit unggul kami, kekuatan finansial kami yang telah ditunjukkan selama bertahun-tahun, dan dukungan negara pemegang saham kami membuat CAF emiten terpercaya di pasar bergengsi."

     Penerbitan ini -yang dipimpin oleh HSBC dan Standard Chartered-memperkuat partisipasi aktif lembaga di pasar-pasar baru sebagai bagian dari kelompok emiten terpilih, yang menunjukkan perannya sebagai katalisator dengan menarik dana ke Amerika Latin dari wilayah lain untuk meningkatkan peluang investasi di kawasan ini.

     "Kehadiran terus-menerus lembaga ini di berbagai pasar modal telah memungkinkannya menerbitkan obligasi senilai hampir $2,8 miliar pada 2012," ujar bapak Garcia.

     Diversifikasi basis investor CAF tercermin dalam kenyataan bahwa ia mencakup 40 investor antara lain dari Hong Kong, Singapura, Taiwan, Korea, Swiss, Jerman, Perancis, Belanda dan Luksemburg.

     Penempatan obligasi CAF antara tahun 1993 dan 2012 bernilai sekitar $17 miliar, yang berarti tingkat investasi yang setara dalam proyek-proyek pembangunan di Amerika Latin.

     CAF menyediakan berbagai jasa finansial bernilai tambah tinggi bagi sektor publik maupun swasta antara lain dalam bentuk pinjaman dan jaminan, jasa penasehat finansial dan perbankan investasi, layanan trisuri, investasi ekuitas serta kerjasama teknis.

     Misi CAF -bank pembangunan Amerika Latin- adalah meningkatkan pembangunan berkelanjutan dan integrasi regional, dengan membiayai proyek-proyek di sektor publik dan swasta serta menyediakan jasa kerjasama teknis dan layanan khusus lainnya. CAF, yang didirikan pada tahun 1970, saat ini memiliki 18 negara pemegang saham -16 di Amerika Latin dan Karibia, bersama dengan Spanyol dan Portugal- dan 14 bank swasta, dan merupakan sumber utama pendanaan multilateral serta sumber penting pengetahuan di wilayah tersebut. Informasi lebih lanjut di www.caf.com.

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2012