Jakarta (ANTARA) - Menjalani hobi atau lebih serius lagi meniti karier sebagai kreator konten di platform Reel Facebook, TikTok, dan lainnya memang menjanjikan, atau setidaknya menyenangkan.

Tapi ingat! "Mengonten" untuk hasil yang memuaskan, bahkan muncul di halaman muka TikTok atau FYP (For You Page) membutuhkan perangkat yang memadai agar video yang dihasilkan tanpa cacat.

Di antara ponsel kelas menengah (mid-range) yang beredar di pasaran, Samsung Galaxy A54 5G mungkin pilihan yang tepat, selain harganya yang valuable, juga memiliki banyak fitur dan spesifikasi yang mengagumkan.

Bagi seorang kreator konten, kamera adalah salah satu fitur paling diandalkan dalam sebuah ponsel lantaran fungsinya sebagai penghasil gambar/video. Visualisasi sangat krusial dalam dunia kreasi konten.

Dan, Samsung Galaxy A54 5G memiliki kamera yang sangat bisa diandalkan. Ia dibekali kamera multiple di belakang, dengan sensor 50MP + 12MP + 5MP dan bukaan lensa F1.8, F2.2, serta F2.4. Itu memungkinkan untuk digital zoom hingga 10X dengan hasil tetap oke.

Baca juga: Alasan Samsung Galaxy A54 5G bisa bikin foto bukber "awesome"

Sementara di depan, Samsung menyematkan kamera selfie 32MP yang mampu menghasilkan gambar cerah serta fokus yang jelas. Seorang kreator konten sangat membutuhkan kamera depan, yang sama pentingnya dengan kamera utama.

Tidak hanya mampu menghasilkan gambar resolusi tinggi, kamera Samsung Galaxy A54 5G juga dilengkapi teknologi Video Digital Image Stabillization (VDIS) dan Optical Image Stabillization (OIS) yang membuat output foto dan video mulus minim goyangan.

VDIS dan OIS membantu Anda merekam video kualitas tinggi dengan mudah melalui reframing dan fokus otomatis.

"Mengonten" di malam hari atau di tempat minim cahaya? Tak perlu risau, karena Galaxy A54 5G mampu menghasilkan foto dan video yang terang dan cerah meskipun dalam kondisi lingkungan minim cahaya.

Baca juga: Menengok desain hingga performa Samsung Galaxy A54 5G

Dengan kemampuan "Nightography", mode malam (night mode) dan sensor gambar canggih di ponsel ini akan otomatis beralih ke mode malam saat dibutuhkan, jadi tak perlu ribet. Gambar yang dihasilkan tetap cerah berkat all pixel autofocus (AF) 56 persen lebih lebar dan terang.
 
Hasil foto dari kamera Samsung Galaxy A54 5G. (ANTARA/HO/Samsung)

Tidak selalu di dalam rumah atau studio mini Anda, membuat konten menarik kadang perlu latar yang lebih menantang dan nyata, ya di luar ruang atau hiruk pikuk aktivitas masyarakat yang padat dan beragam.

Untuk "mengonten" seharian di luar rumah, Galaxy Samsung A54 5G tak akan membuat Anda kesal lantaran kehabisan daya baterai. Samsung melengkapi ponsel ini dengan baterai berkapasitas 5000mAh yang tahan hingga 2,5 hari dalam penggunaan normal, dan untuk membuat video seharian tentu masih sangat cukup.

Kenapa demikian, ya....karena ponsel ini juga menggunakan chipset Exynos 1380 yang dikenal lebih efisien dalam konsumsi daya baterai. Kalaupun sampai saat harus mengisi kembali daya baterai, Samsung Galaxy A54 5G bisa diisi daya dengan cepat dengan teknologi 25w super fast charging.

Baca juga: Uji kamera dan fitur edit Samsung Galaxy A54 5G

Edit video tanpa kendala

Seorang kreator konten sangat akrab dengan aktivitas yang satu ini, yakni video editing, apa pun perangkat lunak yang digunakan. Yang pasti, proses yang satu ini tentu membutuhkan kemampuan ponsel yang memadai.

Samsung Galaxy A54 5G sungguh bisa diandalkan. Betapa tidak, dengan chipset Exynos 1380, ponsel dengan bobot hanya 222 gram ini menghadirkan kecepatan octa core dengan 2.4GHz dan 2GHz dalam pemrosesan tugas atau operasi. Samsung juga telah meningkatkan performa CPU 30 persen dibanding ponsel pendahulunya.

Ditambah dukungan RAM 8GB dan penyimpanan 256GB, editing dan penyimpanan video untuk platform Reel dan TikTok menjadi lebih mudah dan cepat tanpa kendala. Sedangkan untuk preview dan peralihan saat editing video, layar dengan refresh rate 120Hz di Galaxy A54 5G membuat semuanya berjalan lebih smooth.

Kemudian, layar Super AMOLED yang lumayan gede, 6,4 inci, dengan resolusi FHD+ membuat editing video atau preview hasil menjadi lebih jelas dan detail terlihat. Membuat konten video di luar ruang hingga melihat hasilnya di layar semakin menyenangkan dan tak cepat lelah dengan visibilitas layar yang lebih jelas.

Satu hal lagi yang tak kalah penting bagi kreator konten di Samsung Galaxy A54 5G adalah konektivitas internet yang lebih "ngebut" dengan kemampuan 5G, jadi mengunggah konten ke Reel dan TikTok lebih cepat dan anti "ngelag" selama jaringan operator Anda tanpa gangguan.

Jadi, tidak sekadar gaya lantaran desain glass finish, layout kamera yang simpel, serta pilihan warna yang ceria, Samsung Galaxy A54 5G juga sangat mendukung untuk memaksimalkan kerja kreator konten dalam berkarya.

Baca juga: Memotret dalam kondisi minim cahaya dengan Samsung Galaxy A54 5G

Pewarta: Suryanto
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023