Jakarta (ANTARA) - Pemain Manchester City Kevin De Bruyne mengaku bangga seusai dirinya menjadi pemain kelima yang berhasil mencatatkan 100 assists dalam sejarah Liga Inggris.

Pemain tim nasional Belgia itu mencatatkan assists ke-100-nya di Liga Inggris saat membantu timnya meraih kemenangan tandang dari Southampton dengan skor 4-1.

Dalam laga tersebut, De Bruyne membuat assists pada gol pertama Manchester City yang dicetak oleh Erling Haaland di menit ke-45.

Torehan 100 assists pemain 31 tahun itu berada di bawah Frank Lampard (102), Wayne Rooney 103), Cesc Fabregas (111), dan Ryan Gigs (162) yang masuk dalam jajaran atas peraih assists terbanyak dalam sejarah Liga Inggris.

Baca juga: Manchester City hancurkan Southampton 4-1

Di musim ini, torehan fantastis De Bruyne ini masih bisa bertambah dan berpotensi membuat namanya menggeser posisi Cesc Fabregas sebagai pemegang assists terbanyak kedua dalam sejarah Liga Inggris, mengingat timnya masih mempunyai sisa sembilan pertandingan.

"Tentu saja saya bangga. Saya melihatnya sebelum pertandingan. Banyak orang membicarakannya secara online,” kata De Bruyne, dilansir dari website resmi Manchester City.

“Itu adalah sesuatu yang tidak bisa Anda lewatkan. Saya hanya mencoba membuat sebanyak mungkin. Saya bisa memiliki dua atau tiga lagi. Jika mereka mencetak gol, saya mendapatkan assist,” tambahnya.

“Saya dikenal karena kreativitas saya, tidak banyak pemain sepak bola yang pernah ke sana. Separuh sisinya adalah milikku dan separuh sisinya adalah sisi lainnya. Ini adalah momen yang membanggakan, tetapi saya harus melanjutkannya,” lanjut pemain kelahiran 28 Juni 1991 tersebut.

Mantan pemain Chelsea itu meraih 100 assists di Liga Inggris secara mengesankan karena dicetak hanya dalam 237 pertandingan atau lebih cepat 56 pertandingan dari pemegang rekor sebelumnya, Fabregas dengan 293 pertandingan.

Meskipun mampu mengalahkan rekor Fabregas dalam mencapai 100 assists, pemain andalan Pep Guardiola di Manchester City itu mengaku tidak mau dibandingkan dengan mantan pemain Arsenal tersebut.

Baca juga: De Bruyne bingung dapat penghargaan "man of the match"

"Saya tidak membandingkan. Cesc adalah pemain sepak bola yang luar biasa. Saya tidak membandingkan diri saya dengan orang lain. Saya hanya mencoba dan melakukan yang terbaik yang bisa saya lakukan,” kata De Bruyne.

“Orang-orang akan berbicara tentang (menjadi) lebih cepat. Semuanya berbeda, Anda memainkan posisi dan tim yang berbeda,” tambahnya.

Premier League mencatat ada setidaknya lima pemain Manchester Biru yang menjadi pemegang penghasil gol terbanyak dari total 100 assist yang diperoleh De Bruyne.

Kelima pemain tersebut adalah Sergio Aguero (19), Gabriel Jesus (14), Raheem Sterling (14), Phil Foden (7), dan Haaland (7).

Saat ini performa pemain senior timnas Belgia itu juga sedang moncer karena berhasil mencatatkan tujuh gol dan 23 assists dari total 38 pertandingannya bersama klub di seluruh kompetisi.

Baca juga: Newcastle kalahkan Brentford, Aston Villa libas Nottingham Forest
Baca juga: Chelsea telan kekalahan 0-1 di kandang Wolverhampton Wanderers


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023