Sebanyak 110 peserta dari pengprov, klub dan peserta luar negeri akan berlaga di turnamen ini, ini merupakan kejuaraan yang cukup penting bagi para pegolf untuk masuk daftar peringkat PGI, dan selanjutnya bisa masuk ke peringkat dunia R n A,"
Jakarta (ANTARA News) - Para pegolf dari 13 provinsi dan 40 klub golf se-Indonesia serta pegolf dari enam negara tetangga, bakal berburu mencatatkan nama mereka di peringkat golf amatir dunia R n A, dengan mengikuti turnamen golf internasional Tehbotol Sosro Pondok Indah Internationanl Junior Golf Championship 2012 pada 11-13 Desember di Jakarta.

"Sebanyak 110 peserta dari pengprov, klub dan peserta luar negeri akan berlaga di turnamen ini, ini merupakan kejuaraan yang cukup penting bagi para pegolf untuk masuk daftar peringkat PGI, dan selanjutnya bisa masuk ke peringkat dunia R n A," kata panitia penyelenggara Neti Hariadi di Jakarta, Senin.

Turnamen golf junior di padang golf Pondok Indah itu diselenggarakan oleh Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) yang bekerjasama dengan PT Sinar Sosro, Perkumpulan Golf Pondok Indah dan PT Ancora Sports, dan ini merupakan turnamen junior level internasional pertama yang berlangsung di Indonesia untuk tahun 2012.

Enam negara asing yang menjadi peserta dalam turnamen golf junior ini adalah dari Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Thailand, Korsel, dan AS, sedangkan pengprov yang ikut di kejuaraan ini tercatat DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Riau, Sulawesi.

Dalam turnamen ini pertandingan akan dibagi dalam beberapa kelompok umur, untuk putra kelas A (15-17 tahun), B (13-14 tahun), C (11-12 tahun), D (di bawah 10 tahun), sedangkan di putri kelas A (15-17), B (11-14), C (di bawah 10).

Peserta Thailand akan menurunkan pegolf putri papan atas mereka Dantai Boonma, Abdul Azim dari Brunei, sedangkan tuan rumah Indonesia akan menampilkan Peter Gunawan di putra 16 tahun, Indah Hashila Rivai (15 tahun-Pondok Indah), serta Alfe Setiono (Ancora).

Wakil Ketua PB PGI HMP Simatupang mengatakan turnamen junior ini merupakan agenda yang masuk dalam kalender kejuaraan PB PGI, dan hasil dari pertandingan ini dicatat untuk dimasukkan ke dalam data induk organisasi olahrga golf tersebut.

"Ini sudah menjadi agenda event kami, dan hasil dari sini akan kami catat sebagai data prestasi para pegolf Indonesia," kata HMP Simatupang.

Sementara itu pengelola lapangan golf Pondok Indah Budi Kosasih menyatakan, lapangan telah siap untuk dipakai bertanding, setelah beberapa waktu lalu dilakukan renovasi di lapangan berskala internasional ini.

"Kami telah menata kondisi lapangan sehingga layak untuk mereka pakai bertanding, sejak kami renovasi, kejuaraan ini yang pertama menggunakan lapangan ini," kata Budi Kosasih.

Pada kejuaraan golf junior internasional ini, panitia juga menggandeng produsen peralatan golf Mizuno sebagai sponsor pendamping, dan turnamen ini sekaligus menjadi seleksi pegolf untuk menuju Mizuno Dream Cup di Jepang tahun depan.

"Pemenang di turnamen ini berhak masuk seleksi di Indonesia dan setelah mereka lolos seleksi di Indonesia mereka akan menuju Jepang untuk ikut seleksi untuk bisa turun bertanding di Mizuno Dream Cup pada Mei di Jepang," kata Neti Hariadi.

(A020/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012