Manila (ANTARA) - Filipina mengirimkan batch pertama ekspor durian segar ke China, Sabtu (8/4), atau tiga bulan setelah kedua negara tersebut menandatangani protokol untuk ekspor durian, menurut Kedutaan Besar China di Manila.

Batch pertama, yang bersumber dari produsen dan pengolah durian di Wilayah Davao, Filipina, telah lulus persyaratan ketat untuk memasuki pasar China, kata Kantor Komunikasi Kepresidenan (PCO) Filipina.

FIlipina akan mengirimkan lebih banyak batch ekspor durian ke China melalui jalur udara atau laut.

Duta Besar China untuk Filipina Huang Xilian, dalam sebuah unggahan di media sosial, mengatakan bahwa hal tersebut dapat mewujudkan impian para petani serta perdagangan durian menjadi benar-benar menguntungkan kedua negara.

Pada Januari lalu, China dan Filipina menandatangani protokol ekspor durian segar sehingga membuka pasar China tumbuh pesat bagi buah tropis yang banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara itu.

Pemerintah Filipina berkomitmen untuk mengimplementasikan sejumlah rencana untuk menjamin ekspor buah berkualitas tinggi. Menurut PCO, kesepakatan ekspor durian tersebut diperkirakan akan menghasilkan pendapatan hingga jutaan dolar AS bagi industri durian lokal.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023