Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menilai dibutuhkan sosialisasi yang masif kepada masyarakat mengenai strategi yang sudah direncanakan pemerintah untuk kelancaran arus mudik menjelang Idul Fitri 2023.

"Sejumlah strategi yang sudah direncanakan untuk kelancaran arus mudik jelang Lebaran tahun ini harus segera disosialisasikan secara masif agar masyarakat bisa merencanakan perjalanan mudiknya dengan baik," kata Lestari dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Hal itu dikatakan Lestari menanggapi pernyataan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang memprediksi ada 123,8 juta orang melakukan pergerakan pada masa mudik pada Lebaran tahun ini.

Menhub Budi Karya menyebut ada sekitar 77,3 juta jiwa atau 62,5 persen pemudik berasal dari Pulau Jawa.

Pemerintah juga telah menyiapkan sejumlah upaya rekayasa lalu lintas, seperti menyiapkan jalur alternatif di beberapa jalur mudik, pemberlakuan ganjil genap, pembatasan waktu di rest area, dan imbauan keberangkatan mudik yang dipercepat.

Lestari menilai dibutuhkan sosialisasi masif dengan komunikasi yang intensif antar-pemangku kepentingan dan masyarakat dalam mengelola pergerakan jutaan pemudik di Tanah Air.

Menurut dia, sejumlah strategi pengaturan arus mudik tersebut tidak akan berjalan maksimal apabila tidak disampaikan secara baik kepada masyarakat yang berencana mudik.

"Pemahaman masyarakat terkait sejumlah strategi pengendalian arus mudik tersebut sangat penting karena pada masa mudik Lebaran ini, kepatuhan masyarakat untuk menjalankan strategi yang direncanakan sangat menentukan kelancaran arus mudik," ujarnya.

Lestari berharap berbagai strategi pengendalian arus mudik bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat sehingga para pemudik bisa merencanakan perjalanan ke kampung halamannya dengan baik.

Menurut dia, pemahaman terkait strategi pengendalian arus mudik, juga harus dimiliki para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah agar berbagai kebijakan yang direncanakan dapat diterapkan sesuai dengan rencana.

"Kolaborasi yang kuat semua pihak yang terlibat dalam persiapan kelancaran arus mudik tahun ini harus diwujudkan karena tidak mudah mengendalikan pergerakan ratusan juta pemudik dalam waktu yang hampir bersamaan," katanya.

Dalam pengendalian arus mudik, Lestari mendorong semua pihak mengedepankan kekompakan demi menciptakan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023