Jakarta (ANTARA) - Golf identik degan citra olahraga yang mewah dan mahal. Namun saat ini penggemarnya semakin banyak, termasuk di Indonesia.

Bahkan, kini sudah semakin banyak opsi-opsi tempat bermain golf yang terbilang merakyat dengan kemasan arena mini-golf.

Salah satunya, objek wisata baru yang terletak di Pusat Jakarta bernama HOLEO Golf and Museum.

Terletak di Jalan Cilamaya Nomor 3, Cideng, Jakarta Pusat, bisa dibilang tempat wisata ini sangat mudah diakses.

Bagi pengguna kendaraan umum, HOLEO Golf and Museum terletak tidak jauh dari Stasiun KRL Tanah Abang maupun Halte Jaklingko Tanah Abang.

Lalu untuk yang membawa kendaraan pribadi, pengunjung juga tak perlu khawatir karena terdapat tempat parkir yang cukup.

Objek wisata ini terdiri atas bangunan dua lantai, dengan lantai pertama dikhususkan sebagai arena mini-golf.

HOLEO Golf membawa daya tarik yang unik karena mengangkat tema empat musim yang ada di dunia untuk area mini golf-nya.

"Kenapa kita usung empat musim? Karena kita mau kenalkan bahwa golf itu bukan cuma olahraga. Ini juga jadi ikon HOLEO dan memberikan sensasi baru untuk pengunjung," kata Staf Operasional HOLEO, Brian, saat ditemui Antara.

Harapannya dengan tema empat musim, pengunjung bisa lebih menikmati kegiatan berolahraga sekaligus membuat kenangan menyenangkan di HOLEO Golf.

ANTARA pun ikut menjajal pengalaman bermain mini-golf di objek wisata ini.

Bagi yang belum memiliki keahlian bermain golf, tak perlu khawatir karena anda bisa meminta panduan dari staf yang bertugas.

Panduannya pun terbilang mudah dimengerti, sehingga tak akan butuh waktu lama untuk menguasai keterampilan bermain mini golf.

Ada 18 hole yang bisa dijajal pengunjung dengan balutan dekorasi empat musim, sehingga cukup bisa mengasah kemampuan untuk memukul bola dengan lebih lancar.

Tidak hanya dekorasi yang mendukung, ada juga audio yang diputarkan sesuai dengan ambience yang sesuai dengan masing-masing musim.

Pemanasan akan dimulai dengan lima hole di area bertemakan musim semi yang penuh dengan dekorasi, seolah-olah pengunjung tengah berada di taman yang rindang.
Salah satu atraksi di HOLEO Golf and Museum yaitu mini golf dengan dekorasi tematik empat musim. ANTARA menjajal langsung kegiatan mini-golf di area bertemakan musim semi yang ada di HOLEO Golf, Jakarta Pusat, Minggu (9/4/2023). (ANTARA/Livia Kristianti)
Salah satu atraksi di HOLEO Golf and Museum yaitu mini golf dengan dekorasi tematik empat musim. ANTARA menjajal langsung kegiatan mini-golf di area bertemakan musim panas yang ada di HOLEO Golf, Jakarta Pusat, Minggu (9/4/2023). (ANTARA/Livia Kristianti)
Salah satu atraksi di HOLEO Golf and Museum yaitu mini golf dengan dekorasi tematik empat musim. ANTARA menjajal langsung kegiatan mini-golf di area bertemakan musim dingin yang ada di HOLEO Golf, Jakarta Pusat, Minggu (9/4/2023). (ANTARA/Livia Kristianti)

Perjalanan berlanjut ke area dengan tema musim panas dengan dua hole, yakni hole 6 dan 7 yang masing-masing bernama "Shell Yeah" dan "Seas the Day".

Dekorasi yang ditampilkan mengambil suasana pantai yang kental dilengkapi dengan audio deburan ombak.

Selanjutnya permainan akan berlanjut di area bertemakan musim gugur dengan warna oranye yang mendominasi.

Ada lima hole yang bisa ditaklukkan pengunjung di area musim gugur.

Sebelum menjajal area dengan tema musim dingin, pengunjung masih harus kembali melewati musim semi dengan dua hole yang harus dituntaskan.

Setelah itu, pengunjung akan disapa dengan area musim dingin yang benar-benar terasa dingin.

Dengan lima hole di musim dingin, pengunjung akan menjajal interior bernuansa igloo, layaknya di Kutub Utara.

Meski terdapat alur yang harus diselesaikan, pengunjung bisa menikmati area demi area dengan mengabadikan momen karena dekorasi yang ditampilkan sangat kekinian.

Jadi jangan sampai lupa atau melewatkan spot-spot unik di area ini.


HOLEO Museum

Jika pengalaman di lantai satu masih kurang, pengunjung bisa melanjutkan aktivitas di HOLEO Museum yang terletak di lantai dua.

HOLEO Museum sendiri menawarkan lebih banyak kegiatan kepada pengunjung untuk mengekspresikan diri.

Hal itu bisa dilihat dari tampilan pertama yang ditunjukkan, berupa ruang untuk melukis atau "Painting room".
Salah satu atraksi di HOLEO Golf and Museum yaitu kegiatan melukis. Pengunjung bisa melukis dan mengekspresikan dirinya di sehelai tas jinjing yang ada di HOLEO Museum, Jakarta Pusat, Minggu (9/4/2023). (ANTARA/Livia Kristianti)

Sesuai dengan namanya, pengunjung bisa menjajal kegiatan melukis di atas kanvas atau pun tote bag.

Pengunjung juga bisa melihat berbagai hasil karya lukisan yang telah dibuat oleh pengunjung-pengunjung sebelumnya.

Selanjutnya ada area bernama "Hydroponics Ice Cream" yang bisa dimanfaatkan pengunjung mengeluarkan unek-uneknya di sebuah kertas dan memajangnya di area ini.

Tidak berhenti sampai di situ, pengalaman mengekspresikan diri bisa dijajal pengunjung lewat tempat-tempat yang sangat instagramable.
Salah satu atraksi di HOLEO Golf and Museum yaitu Dessert Room yang "instagramable". Dalam foto ini merupakan Pink Room di HOLEO Museum, Jakarta Pusat, Minggu (9/4/2023). (ANTARA/Livia Kristianti)
Salah satu atraksi di HOLEO Golf and Museum yaitu Dessert Room yang "instagramable". Dalam foto ini merupakan Banana Room di HOLEO Museum, Jakarta Pusat, Minggu (9/4/2023). (ANTARA/Livia Kristianti)
Salah satu atraksi di HOLEO Golf and Museum yaitu Dessert Room yang "instagramable". Dalam foto ini merupakan Donut Room di HOLEO Museum, Jakarta Pusat, Minggu (9/4/2023). (ANTARA/Livia Kristianti)

Area itu ialah Banana Room, Donut Room, dan Pink Room yang masing-masing bisa dimanfaatkan oleh pengunjung bergaya dan mengabadikan momennya dengan aesthetic.

Apabila dirasa masih kurang, ada juga area bernama "Disco room" dan "Secret garden" yang tak kalah menarik untuk jadi spot foto cantik.


Harga Tiket dan Jam Buka

Dengan banyaknya aktivitas yang ditawarkan, HOLEO Golf dan Museum cocok untuk menjadi tempat wisata pilihan menghabiskan waktu bersama keluarga, kerabat, serta pasangan saat pengunjung berada di pusat Jakarta.

HOLEO Golf and Museum buka setiap harinya, mulai pukul 09.00 sampai 20.00 WIB.

Pengunjung bisa memilih aktivitas untuk bermain golf saja atau beraktivitas di museum.

Untuk permainan mini golf, di hari biasa hanya perlu membayar Rp80.000, sementara untuk hari libur dan akhir pekan harus membayar Rp90.000.

Setiap tiket yang dibeli pengunjung akan mendapatkan fasilitas berupa satu buah bola golf dan satu stik golf.

Sementara untuk berkegiatan di museum saja, pengunjung perlu membayar Rp80.000 di hari biasa dan Rp90.000 untuk hari libur maupun akhir pekan.

Pengunjung akan mendapatkan satu paket alat lukis dan satu kanvas atau satu tote bag jika memilih aktivitas hanya di HOLEO Museum.

Jika ingin melakukan aktivitas di kedua tempat, pengunjung bisa membeli paket bernama All Acess seharga Rp149.000 di hari biasa dan Rp169.000 di akhir pekan maupun hari libur. Di masing-masing lokasi, pengunjung dibatasi dengan waktu maksimal dua jam.

Namun jika ingin bermain sepuasnya anda bisa memilih tiket Unlimited All Acess yang dibanderol seharga Rp199.000 di hari biasa dan Rp219.000 di akhir pekan maupun hari libur.

 

Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2023