...meliputi makanan siap saji, susu bubuk, selimut, keperluan mandi, pembalut wanita dan obat-obatan sebanyak kurang lebih 4 (empat) ton...
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Republik Indonesia (RI) yang diwakili Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, didampingi Dubes RI Manila, dan Konjen RI Davao memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban badai Pablo (Bhopa) yang terjadi di Mindanao, Filipina.

Direktur Informasi dan Media Kemenlu, PLE Priatna, dalam pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Selasa, mengatakan bantuan kemanusiaan tersebut merupakan wujud rasa solidaritas dan persahabatan kedua negara yang bertetangga dan sebagai sesama negara anggota ASEAN.

Bantuan yang diberikan pemerintah Indonesia tersebut meliputi makanan siap saji, susu bubuk, selimut, keperluan mandi, pembalut wanita dan obat-obatan sebanyak kurang lebih 4 (empat) ton yang dibawa oleh pesawat TNI Angkatan Udara.

Selain itu, kata Priatna, secara simbolis diserahkan pula bantuan uang sejumlah 1 juta dolar AS yang diterima langsung oleh Direktur Pertahanan Sipil Wilayah XI, Ms. Liza Mazo, mewakili Pemerintah Filipina.

"KJRI Davao City juga telah menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada korban badai Pablo (Bhopa) di desa Andap, Kabupaten New Bataan, Kota Compostela Valley, pada Sabtu (8/12) lalu,", kata Priatna.

Bantuan berupa kebutuhan pokok senilai 3 ribu dolar AS itu merupakan hasil sumbangan sukarela staf KJRI dan WNI di Davao City.

Sementara itu, Kunjungan Panglima TNI juga dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan kerja sama militer kedua belah pihak sebagaimana tertuang dalam Kerangka Kesepakatan Kerja Sama Militer FIlipina-Indonesia ("the Philindo MC").

Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Panglima TNI, Laksamana Agus Suhartono, dan Panglima Angkatan Bersenjata Filipina, Jenderal Jessie D Dellosa dalam kesempatan kunjungan Panglima TNI ke Davao City pada 9-10 Desember yang disaksikan oleh Dubes RI Manila dan Konjen RI Davao City.

Dalam kunjungan tersebut, Panglima TNI juga dianugerahi the Award of the Philippine Legion of Honor oleh Pemerintah Filipina, salah satu penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah Filipina kepada Panglima Angkatan Bersenjata negara sahabat.

Panglima TNI juga berkesempatan mengunjungi Kontingen Indonesia yang tergabung dalam International Monitoring Team (IMT) yang bertugas di Filipina.
(P012)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012