Peduli sesama adalah jalan interaksi antara manusia satu dengan lainnya dan juga sebagai salah satu cara agar manusia saling melengkapi,
Tokyo (ANTARA) - Diaspora Muslim Indonesia yang tergabung dalam Ikatan Perawat Muslim Indonesia (IPMI) Jepang dan Masjid As-Sholihin Yokohama membagikan donasi kepada tunawisma Jepang pada Ramadhan tahun ini.

Pengasuh Masjid As-Sholihin Yokohama Arif Junaidi kepada ANTARA di Tokyo, Senin mengatakan, pihaknya memberikan total 15 paket dalam kegiatan yang bertajuk “Tebar Paket Bahagia” kepada tunawisma Jepang di Stasiun Kannai, Yokohama.

“Melalui program kemasjidan ‘Tebar Paket Bahagia’ ini, kami pengasuh Masjid As-Sholihin Yokohama adalah bagian dari makhluk sosial. Makhluk sosial yang harus punya sifat peduli sesama,” katanya.

Paket itu berupa handuk wajah, sikat gigi, pasta gigi, makanan ringan halal, kopi dan teh kepada para tunawisma yang menempati rumah-rumah kardus di stasiun pusat kota tersebut.

Menurut data Pemerintah Kota Yokohama, para gelandangan saat ini mengalami penurunan dari 477 orang pada tahun lalu menjadi 285 orang pada tahun ini.

Sementara itu, merujuk pada data Survei Nasional Realitas Tunawisma, bahwa orang-orang yang tidak memiliki tempat tinggal itu bukanlah yang berada di bawah garis kemiskinan sejak lahir melainkan sebagian besar pernah bekerja, tetapi kemudian terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau tidak bisa bekerja karena sakit.

Arif mengatakan dari hasil komunikasi bersama para tunawisma bahwa mereka juga kerapkali mengalami pelecehan atau diskriminasi.

Untuk itu, Pemerintah Yokohama berupaya untuk membantu para tunawisma tersebut untuk berintegrasi kembali ke dalam masyarakat.
Baca juga: Cerita warga Muslim Jepang jalankan puasa Ramadhan

Ikatan Perawat Muslim Indonesia (IPMI) Jepang membagikan donasi dalam kegiatan bakti sosial kepada tunawisma di Shinjuku, Tokyo, Jumat (7/4). (IPMI Jepang)
“Peduli sesama adalah jalan interaksi antara manusia satu dengan lainnya dan juga sebagai salah satu cara agar manusia saling melengkapi,” katanya.

Donasi tersebut terselenggara dari hasil infak jamaah Masjid As-Sholihin Yokohama dalam program kegiatan Ramadhan 1444 Hijriah.

“Semoga masjid ini terbangun bukan hanya dari infak jamaah melainkan juga dari sedekah melalui program-program kemasjidan,” katanya.

Ditemui terpisah, Penanggung Jawab Kegiatan Ramadhan IPMI Hida mengatakan pihaknya membagikan 30 paket makanan dan alat kebersihan dalam kegiatan baksi sosial kepada tunawisma di Shinjuku, Tokyo, Jumat (7/4).

“Salah satu tujuan kami adalah memperkenalkan makanan halal orang Muslim,” katanya.

Kegiatan itu dilanjutkan dengan tausiyah dan buka puasa bersama anggota IPMI Jepang guna menjalin silaturahmi.

“Terutama teman-teman yang baru datang, belum lama ke Jepang untuk mengadakan kajian darat dan bakti sosial,” katanya.

Baca juga: Animo jamaah Masjid Indonesia Tokyo kembali normal seperti prapandemi
Baca juga: KMII Jepang kembali gelar tablig akbar Ramadhan pascapandemi


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023