merupakan inovasi terbaru dari program kemaslahatan
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyediakan ribuan kuota arus balik bagi masyarakat yang akan kembali ke Jakarta lewat program Kemaslahatan Balik Kerja Bareng 2023.

"Kami berupaya untuk memberikan pelayanan optimal dalam rangka untuk distribusi dari program kemaslahatan. Insya Allah dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Muslim Indonesia," ujar Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah di Jakarta, Senin.

Dalam program tersebut, BPKH menyediakan 60 bus eksekutif secara gratis dari tiga titik keberangkatan yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta pada 29 dan 30 April 2023.

BPKH menargetkan 2.650 orang ikut serta dalam program arus balik itu. Fadlul mengatakan Program Balik Kerja Bareng BPKH 2023 terselenggara berkat berkolaborasi dengan Baitul Maal Muamalat (BMM) dan Daarut Tauhid Peduli (DT Peduli).

"Balik Kerja Bareng BPKH 2023 merupakan inovasi terbaru dari program kemaslahatan yang termasuk dalam ruang lingkup sosial keagamaan," kata dia.

Baca juga: Polresta Denpasar sediakan enam bus bagi pemudik jelang Idul Fitri
Baca juga: PT Angkasa Pura Ambon siapkan layanan mudik gratis

Menurutnya, program tersebut sebagai bentuk kepedulian BPKH kepada para pemudik yang hendak balik ke Jakarta, sekaligus menjadi sarana syiar dan edukasi tentang BPKH dan dunia perhajian selama dalam perjalanan balik.

"BPKH pun menyediakan 60 bus eksekutif yang dapat mengangkut 2.650 orang terdiri dari 1.450 hari pertama dan 1.200 hari kedua," katanya.

Selain itu, kata dia, peserta atau penumpang akan mendapatkan kaos dan buah tangan pada saat keberangkatan, snack, dan makan satu kali. Dalam perjalanan peserta juga akan mendapatkan informasi dan edukasi tentang BPKH dan dunia perhajian.

Sementara itu, Anggota Badan Pelaksana BPKH Amri Yusuf mengatakan untuk dapat mengikuti program Balik Kerja Bareng BPKH 2023, calon peserta dapat mendaftar secara online mulai Senin 10 April 2023 sampai 20 April 2023.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui tautan berikut: http://bit.ly/BalikKerjaBPKH2023.

"Namun jika kuota sudah terpenuhi sebelum batas akhir pendaftaran maka pendaftaran bisa ditutup sewaktu-waktu," katanya.

Baca juga: DJKA siapkan kuota 10.440 untuk program angkutan motis lebaran 2023
Baca juga: Kuota mudik gratis Polda Metro Jaya telah penuh


Adapun syarat dan ketentuan pendaftaran yakni pertama, calon pemudik adalah seorang yang dapat menunjukkan kartu karyawan/karyawati/pekerja atau identitas lain yang dapat membuktikan memiliki pekerjaan atau usaha di Jabodetabek.

Kedua, calon pemudik balik belum mendaftar di program mudik balik dari instansi manapun. Ketiga, wajib mengisi data diri yang sebenar-benarnya dan sesuai dengan dokumen yang dilampirkan

Peserta mendaftarkan anggota keluarganya maksimal tiga orang (atau total jumlah dalam satu formulir adalah empat orang, balita terhitung satu kursi). Formulir wajib diisi oleh calon pemudik dan tidak dapat diwakilkan

Registrasi ulang dapat dilakukan di kantor perwakilan DT Peduli dan BMM di kota tempat keberangkatan arus balik. Pemudik balik balita atau anak wajib melampirkan KIA atau akta kelahiran atau KK yang tercantum Nama Pemudik Balita

Calon pemudik balik dewasa sudah menjalani vaksin penguat COVID-19. Program Balik Kerja Bareng BPKH gratis dan tidak dipungut biaya apapun, bila terjadi pemungutan biaya atau menemukan kasus segera lapor melalui nomor +62 888-2298-820.

Baca juga: PT INKA gelar program mudik gratis Lebaran 2023 untuk umum

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023