Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik Afrimadona meminta para elite dan partai politik untuk tidak mencampur-adukan antara politik dan olahraga menjelang Pemilu 2024.

"Langkah untuk mencampur-adukan antara olahraga dan politik dengan menolak kedatangan timnas Israel jelas memiliki dampak yang signifikan di tahun politik, terutama elektabilitas tokoh dan partai,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Direktur Eksekutif Populi Center itu berharap para elite lebih bijak dan tidak pragmatis dalam mengambil keputusan karena akan berdampak pada elektabilitas tokoh serta parpol.

Hal itu dikatakan Afrimadona menanggapi hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang mendapati elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami penurunan signifikan selama dua bulan terakhir.

Afrimadona mengatakan para elite jangan sampai hanya untuk mendapatkan dukungan dari salah satu segmen pemilih, lalu mengorbankan segmen yang lebih besar dan strategis, yaitu pemilih milenial dan gen Z yang merupakan pemilih terbesar pada Pemilu 2024.

Dia menilai risiko politik cukup besar untuk partai dan elite jika bermanuver tanpa perhitungan yang matang.

"Oleh karena itu, tokoh-tokoh dan partai politik yang berkompetisi pada Pemilu 2024 harus lebih sensitif dalam mengeluarkan pernyataan dan lebih mengedepankan aspirasi publik yang lebih luas," harapnya.

Sebelumnya, survei LSI menyebutkan bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami tren penurunan yang signifikan selama dua bulan terakhir.

"Kalau kita lihat trennya maka terlihat penurunan signifikan dari (elektabilitas) Ganjar Pranowo," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan dalam keterangan daring di Jakarta, Minggu (9/4).

Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah tersebut turun 8,1 persen, dari 35,0 persen pada Februari 2023 menjadi 26,9 persen pada April 2023.

Sementara itu, Prabowo Subianto berhasil menyalip elektabilitas Ganjar dengan mengalami peningkatan sebesar 3,6 persen.

Menurut Djayadi, penurunan elektabilitas Ganjar berpengaruh terhadap naiknya elektabilitas Prabowo. Dia menilai ada perpindahan suara dari Ganjar ke Prabowo meski tidak terlalu signifikan.

Survei LSI diselenggarakan pada 31 Maret hingga 4 April 2023. Sampel survei ini sebanyak 1229 responden, dengan margin of error +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD), dengan target populasi survei WNI yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon.

Pewarta: Fauzi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023