Tanah di daerah ini subur, sehingga ke depan lebih banyak lagi lahan tidur yang diolah agar masyarakat makin sejahtera.
Jayapura (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo, Senin, melakukan panen padi di Kampung Helaluba Minimo, Distrik Asolokoba, Kabupaten Jayawijaya.

Lahan panen raya padi merupakan lokasi program ketahanan pangan Kodim 1702 Jayawijaya.

Pj Gubernur Nikolaus Kondomo menyampaikan apresiasinya kepada Kodim 1702 Jayawijaya yang telah menggerakkan dan mendorong masyarakat dalam mengolaha lahan persawahan demi ketahanan pangan masyarakat setempat.

Setiap daerah memiliki lahan dengan tingkat kesuburan yang berbeda, dan untuk di daerah ini masyarakat membutuhkan pendampingan dan bimbingan bagaimana mengelola lahan tersebut.

Karena itu, kehadiran pemerintah bersinergi bersama TNI-Polri akan membantu dan melakukan pendampingan serta mendorong masyarakat mengelola lahan tidur untuk persawahan.

“Pemprov sangat mendukung kegiatan seperti ini, sehingga akan memberikan bantuan berupa traktor agar dapat digunakan untuk meningkatkan pengelolaan persawahan di Jayawijaya," kata Kondomo pula.

Dandim 1702 Jayawijaya Letkol CPN Athenius Murib mengatakan, program pengelolaan persawahan untuk ketahanan pangan masyarakat merupakan misi di Kodim 1702 Jayawijaya, bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Jayawijaya.

Program tersebut untuk memanfaatkan sumber daya alam demi memajukan perekonomian masyarakat khususnya di Kampung Helaluba, Distrik Asolokobal.

"Tanah di daerah ini subur, sehingga ke depan lebih banyak lagi lahan tidur yang diolah agar masyarakat makin sejahtera," ujar Letkol CPN Murip.

Provinsi Papua Pegunungan merupakan salah satu dari tiga daerah otonomi baru (DOB) hasil pemekaran dari Provinsi Papua.
Baca juga: Kementan inginkan Papua Barat miliki 11.000 hektare lahan padi sawah
Baca juga: Biaya produksi tinggi, petani Wondama berhenti tanam padi

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023