Jakarta (ANTARA News) - Ratu disko Donna Summer akan bergabung dengan "Rock and Roll Hall of Fame" bulan April tahun depan.

"Tahun ini, penerima penghargaan lagi-lagi meluas, mendorong definisi rock and roll," kata Joel Peresman, Presiden Rock and Roll Hall of Fame Foundation, seperti dikutip BBC.

Ini merupakan keenam kalinya Summer didaftarkan untuk menerima penghargaan itu.  Nama Summer mencuat ketika dia mengeluarkan "Love To Love You Baby" pada 1976.

Tiga tahun kemudian, single-single-nya seperti Hot Stuff, Bad Girls, dan No More Tears yang dinyanyikan bersama Barbra Streisand menduduki urutan teratas tangga lagu saat itu.

Namanya besar pada era 70-80an. Selain lagu-lagu di atas, dia juga terkenal dengan I Feel Love-nya. Summer meninggal dunia awal tahun ini pada usia 63.

Selain Summer, terdapat tujuh nama lagi yang akan dilantik di Hall of Fame April mendatang.

Awalnya ada 15 nomini peraih penghargaan, dengan syarat musisi telah merilis single atau album pertamanya tidak lebih dari tahun

Suara Summer yang mendesah itu mengalahkan pionir musik elektronik Kraftwerk, rapper N.W.A, dan band rock Deep Purple.

Bintang lainnya yang akan diabadikan di Hall of Fame bersama Summer adalah pionir hip hop Public Enemy, legenda blues Albert King, dan band rock asal Kanada Rush.

Penyanyi sekaligus penulis lagu peraih Oscar Randy Newman dan rocker wanita Heart juga akan bergabung dengan mereka.

Penghargaan non-penampil, Ahmet Ertegun, akan diberikan kepada produser Quincy Jones dan Lou Adlers.

Pemilihan bintang akan diabadikan di museum yang terletak di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat. Untuk pertama kalinya, penggemar diajak berpartisipasi dalam pemungutan suara, yang biasanya tertutup bagi para bintang yang pernah dilantik saja.

Publik diminta memberikan suara mereka secara online. Lima artis teratas pilihan penggemar kemudian disesuaikan lagi dengan artis pilihan 500 pelaku industri musik.

Semua pemenang akan dilantik di Los Angeles, 18 April 2013. Hingga saat ini, The Hall telah melanitk 279 seniman, termasuk Elvis Presley, Red Hot Chilli Peppers, dan U2.
(nta)

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012