Jakarta (ANTARA) - Tim peneliti China belum lama ini menemukan hormon tumbuhan yang dapat mengatur pertumbuhan serat kapas dan diperkirakan dapat meningkatkan kualitas serat kapas.

Brassinosteroid (BR), sebuah fitohormon pendukung pertumbuhan, mengatur banyak proses pertumbuhan tanaman, termasuk perkembangan sel. Namun, mekanisme yang digunakan oleh BR untuk mengatur pertumbuhan serat sebelumnya masih tidak dipahami dengan baik.

Para peneliti dari Institut Penelitian Kapas di bawah Akademi Ilmu Pertanian China (Chinese Academy of Agricultural Sciences/CAAS) menemukan bahwa BR dapat mendorong mekanisme molekuler pemanjangan serat kapas dengan memodulasi biosintesis asam lemak rantai yang sangat panjang.

Beberapa gen utama yang mengatur karakteristik penting kapas dapat digunakan sebagai cadangan teknis untuk memandu produksi kapas di masa mendatang, kata ketua tim peneliti Li Fuguang.

"Selanjutnya, kami akan terus mengkaji apakah BR berperan dengan cara-cara lain, berharap dapat mewujudkan transformasi pencapaian ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendongkrak produksi pertanian," tambahnya.

Kapas adalah tanaman komersial yang penting di China sekaligus bahan baku utama yang digunakan dalam industri tekstil, yang berarti kualitas serat kapas menentukan kualitas tekstil.

Para peneliti merilis hasil studi mereka di tiga jurnal, yaitu Plant Cell, Plant Physiology, dan Plant Biotechnology Journal. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023