Posko RAFI 2023 yang digelar selama 15 April-1 Mei 2023 merupakan bentuk kolaborasi dan komitmen Jalin dengan member...
Jakarta (ANTARA) - PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin), perusahaan pengelola layanan jaringan switching LINK, menyediakan Posko RAFI 24/7 2023 untuk mengantisipasi lonjakan transaksi selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Direktur Utama Jalin Ario Tejo Bayu Aji mengatakan bahwa Posko RAFI 24/7 merupakan aktivitas rutin yang selalu disiapkan oleh Jalin setiap tahun dalam rangka memberikan kualitas sistem dan layanan yang optimal kepada 39 member bank dan non-bank yang tergabung dalam jaringan LINK.

“Posko RAFI 2023 yang digelar selama 15 April-1 Mei 2023 merupakan bentuk kolaborasi dan komitmen Jalin dengan member untuk memberikan layanan transaksi keuangan terbaik kepada nasabah perbankan dan fintech selama mudik Lebaran,” kata Ario dalam Forum LINK RAFI 2023 dikutip dari keterangan resmi, Selasa.

Dengan Posko RAFI, Jalin bersiaga mempersiapkan sistem infrastruktur pengelolaan jaringan LINK di berbagai channel pembayaran seperti ATM, debit, digital banking maupun QRIS dengan menjaga performansi operasional yang sesuai dengan Service Level Agreement (SLA) yang disepakati.

“Hal ini didukung oleh aktivitas monitoring transaksi harian, ketersediaan help desk, meningkatkan respon notifikasi alert, hingga menjaga threshold minimum procedure jika terjadi problem dengan lebih ketat,” katanya pula.

Hal ini sejalan dengan imbauan regulator untuk memperketat keamanan layanan keuangan seiring dengan meningkatnya volume transaksi pembayaran berbasis digital.

Jalin juga turut melakukan berbagai persiapan managed service ATM untuk menjaga kelancaran dan kenyamanan transaksi melalui mesin ATM saat mudik Lebaran, salah satunya melakukan preventive maintenance di ATM jalur mudik, memastikan kecukupan coverage teknisi di berbagai area apabila terjadi gangguan, serta memaksimalkan platform JSEECA (Jalin Site & Endpoint Controller Apps) untuk menjaga performansi managed service ATM kelolaan Jalin dan member secara real time.

“Ini merupakan upaya kami dalam memastikan operational excellence yang menyeluruh demi mendukung kelancaran dan keamanan transaksi nasabah di tengah kebahagiaan perayaan Idul Fitri,” ujar Ario pula.

Jalin memproyeksikan akan terjadi lonjakan volume transaksi pada jaringan LINK melalui kanal ATM, debit, mobile banking dan QRIS dengan total hingga 105 juta transaksi di periode 14 hari menjelang dan usai Lebaran.

Angka ini juga tumbuh 7 persen dibandingkan volume transaksi bulan sebelumnya atau Maret 2023.

Sementara itu, volume transaksi melalui kanal QRIS selama RAFI 2023 diproyeksi mengalami kenaikan pertumbuhan paling signifikan hingga lebih dari 700 persen secara tahunan atau mencapai 43 juta transaksi.
Baca juga: PT Jalin komitmen perkuat sistem digitalisasi Bank Pembangunan Daerah
Baca juga: PT Jalin catat pertumbuhan dua digit selama 2021


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023