Puncak mudik kemungkinan di 19 April 2023 dan arus balik 25 April 2023
Banda Aceh (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) siap melayani pemudik Idul Fitri 1444 Hijriah menggunakan ruas Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) dan diprediksi puncak arus mudik terjadi pada 19 April dan arus balik pada 25 April 2023.

"Puncak mudik kemungkinan di 19 April 2023 dan arus balik 25 April 2023," kata Kepala Cabang Tol Sibanceh Hutama Karya Totok Masyadi di Aceh Besar, Selasa.

Ia menjelaskan ada tiga seksi tol yang beroperasi dan bisa digunakan para pemudik lebaran tahun ini, di antaranya seksi 2 Seulimuem-Jantho (6 km), seksi 3 Jantho-Indrapuri (16 km), seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (14 km).

Selain itu, Hutama Karya juga merencanakan penambahan dua seksi tol yang akan fungsional, dalam upaya memperlancar arus mudik dan balik pada lebaran nanti.

Yaitu seksi 5 dan 6 yang meliputi Blang Bintang - Kuta Baro (8 km) dan Kuta Baro - Baitussalam dengan jarak (5,2 km), yang direncanakan mulai fungsional 15-30 April 2023.

Baca juga: Hutama Karya berlakukan diskon tarif tol dukung mudik Lebaran 2023

Baca juga: Hutama Karya siapkan 597 km JTTS yang beroperasi untuk Lebaran 2023


Kendati demikian, kata Totok, pihaknya masih menunggu surat instruksi dari Dirjen Bina Marga terkait jam operasi dan golongan kendaraan yang diizinkan menggunakan dua seksi tersebut.

Selain itu, Totok menambahkan, tingkat pengguna jalan Tol Sibanceh mengalami penurunan selama Ramadhan dibandingkan hari biasanya.

Jumlah lalu lintas kendaraan di Tol Sibanceh pada hari normal tahun 2023 mencapai 2.714 kendaraan per hari. Sementara selama Ramadhan, jumlah pengguna berkurang menjadi 2.018 per hari.

"Estimasi pengguna lalu lintas Tol Sibanceh saat Lebaran 2023 diprediksi mencapai 4.853 kendaraan per hari, dengan catatan seksi 5 dan 6 ikut difungsionalkan," katanya.

Menurut Totok, apabila seksi 5 dan 6 difungsionalkan, maka total pengoperasian tol Sibanceh selama mudik lebaran sekitar 49 km, yakni dari Seulimuem - Baitussalam.

Oleh sebab itu, Hutama Karya meminta para pemudik menyiapkan saldo Uang Elektronik (UE) dan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang cukup karena ruas Tol Sibanceh belum memiliki rest area pengguna tol untuk mengisi bahan bakar.

"Untuk persiapan mudik lebaran ini, kami juga telah menyiagakan seluruh petugas, baik petugas tol, PJR, petugas top up, petugas kamtib, serta telah mempersiapkan diri dan melakukan pengecekan sarana kendaraan dan peralatan tol sehingga saat pelayanan arus mudik lebaran berjalan dengan baik," ujarnya.

Baca juga: Hutama Karya siapkan 85 km ruas Tol Trans Sumatera fungsional Lebaran

Baca juga: Jalan tol Trans Sumatera kelolaan Hutama Karya siap digunakan pemudik

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023