Makassar (ANTARA News) - Pengamat komunikasi dan media dari Universitas Hasanuddin Makassar Dr Mulyadi Mau mengatakan Perum LKBN ANTARA mampu merespon perubahan dengan cepat.

"ANTARA sebagai kantor berita negara, mampu merespon perubahan dan perkembangan media dengan cepat termasuk perubahan manajemen," kata Mulyadi menanggapi HUT Perum LKBN ANTARA ke-75 di Makassar, Kamis.

Menurut dia, perubahan yang cepat itu dapat dilihat dari segi isi pemberitaan maupun manajemen ANTARA yang berbeda jauh pada zaman Orde Baru. Termasuk ideologi ANTARA yang mampu melihat perkembangan zaman, tanpa melupakan visi dan misi negara kesatuan Republik Indonesia.

Dia mengatakan, peran ANTARA sebagai kantor berita juga dinilai mampu menjadi pemersatu lapisan masyarakat melalui pemberitaannya, sekaligus menjadi mata rantai antara media dan masyarakat di wilayah perkotaan hingga pelosok pedesaan.

"Dalam hal ini, ANTARA mampu memainkan Center of networking Indonesia," katanya.

Pada HUT ANTARA ke-75, Kepala Biro ANTARA Sulsel Fredrich C Kuen, MSi yang juga membawahi Biro Sulbar mendapat penghargaan sebagai biro terbaik pertama untuk ketegori Biro Utama.

Selain itu, Perum LKBN ANTARA juga memberikan penghargaan "ANTARA Award" kepada Gubernur Sulbar H Anwar Adnan Saleh dan Walikota Makassar H Ilham Arif Sirajuddin pada HUT ANTARA yang digelar di Wisma ANTARA, Jakarta.

(S036/B008)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012