Pendaftaran daring  tersebut bertujuan agar tidak terjadi penumpukan antrian di mobil layanan keliling
Jakarta (ANTARA) - Warga yang ingin menukarkan uang di mobil gerai penukaran Pasal Slipi harus mendaftar daring terlebih dahulu agar bisa dilayani.

"Jadi sekarang ini harus daftar online dulu. Tidak bisa seperti dulu langsung datang bawa uang yang mau ditukar," kata Kepala Pasar Slipi Rudi Hendriawan di pasar Slipi, Jakarta Barat, Rabu.

Jadwal layanan mobil penukaran uang keliling beserta  tata cara mendaftar tertera dalam laman resmi https://pintar.bi.go.id/.

Pendaftaran daring  tersebut bertujuan agar tidak terjadi penumpukan antrian di mobil layanan keliling.

Selain itu, pendaftaran secara daring juga dapat mempercepat penukaran uang di lokasi lantaran warga sudah mencantumkan nilai uang yang ditukarkan berikut pecahannya.

Mobil keliling itu sendiri menyediakan pecahan Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, Rp 1.000, dan Rp 20.000.

Sejauh ini, Rudi menilai warga cukup antusias dengan layanan penukaran uang tersebut. Itu terlihat dari ramainya warga yang datang selama tiga hari pelayanan.

Selama tiga hari itu pula Rudi mengaku proses pengawalan dilakukan dengan ketat oleh polisi dan petugas pengamanan di pasar.

"Kalau permintaan masih banyak mungkin besok akan dibuka lagi layanan penukaran uang," jelas dia.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) tidak menganjurkan warga menukar uang di tempat penukaran uang musiman yang biasanya menggelar lapak di pinggir-pinggir jalan selama Ramadhan.

"Kami mengharapkan dengan semakin ditingkatkan kegiatan penukaran uang oleh BI, masyarakat bisa beralih," kata Direktur Deputi Pengelolaan Uang Bank Indonesia Ameriza Moesa saat ditemui di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Rabu (5/4).

Menurut Ameriza, penukaran uang di BI lebih terjamin dari segi keamanan dan pelayanan. Uang yang ditukar dalam mobil layanan BI dipastikan asli dengan nominal yang tepat.

Layanan penukaran uang dilakukan secara gratis sehingga warga tidak perlu lagi mengeluarkan tambahan uang seperti lazimnya praktik penukar uang musiman.

Selain itu, selama bulan Ramadhan ini BI juga telah membuka layanan penukaran uang keliling di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Saat ini saja BI sudah membuka layanan keliling di Masjid Hasyim Asy'ari Jakarta Barat, Masjid Al Azhar Jakarta Selatan, Masjid Istiqlal Jakarta Pusat, Masjid At-Tin Jakarta Timur dan Islamic Center Jakarta Utara.
Baca juga: Ratusan warga antre untuk tukar uang di Masjid Hasyim Asy'ari
Baca juga: BI tidak anjuran warga tukar uang di tempat penukaran uang musiman
Baca juga: Layanan penukaran uang BI hadir di tiga lokasi Jakarta Barat

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023