counter

Pura di Tabanan tersambar petir

Begitu tersambar petir, bangunan itu dan semua isi di dalamnya hangus dalam waktu sekejap,"
Tabanan (ANTARA News) - Pura Dang Kahyangan Dalem Semeru di Kabupaten Tabanan, Bali, tersambar petir saat hujan deras mengguyur daerah itu, Kamis.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi pada pukul 13.00 Wita. Namun balai kulkul di pura yang berlokasi di Banjar Umadiwang Kangin, Desa Adat Batannyuh, Kecamatan Marga, itu hangus terbakar.

Terbakarnya balai kulkul itu diduga menyebabkan kerugian hingga ratusan juta rupiah. Di balai tersebut tersimpan sejumlah perangkat upacara adat dan keagamaan.

"Begitu tersambar petir, bangunan itu dan semua isi di dalamnya hangus dalam waktu sekejap," kata I Wayan Wija, warga Banjar Umadiwang Kangin, yang mengetahui peristiwa tersebut.

Sejumlah warga berusaha untuk memadamkan api agar tidak menjalar ke bangunan suci lainnya di pura tersebut. Beberapa peralatan upacara keagamaan berhasil diselematkan warga sekitar lokasi kejadian.

Api baru bisa dipadamkan sekitar satu jam kemudian setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Tabanan mendatangi lokasi kejadian.

(KR-MDE/M038)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2012

Agar petugas Bandara Lombok punya kemampuan kedaruratan

Komentar