Kuala Lumpur (ANTARA News) - Akhirnya timnas Thailand melaju ke final piala AFF 2012 setelah pada pertandingan di kandangnya, Kamis malam mengalahkan timnas Malaysia 2-0, sebelumnya kedua tim ini bermain imbang 1-1 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dengan hasil tersebut maka Thailand menang secara agregat 3-1 dan berhak melaju ke final untuk berhadapan dengan timnas Singapura yang sehari sebelumnya mengalahkan Filipina 1-0 di Singapura.

Pertandingan antara timnas Thailand melawan Malaysia berjalan cukup menarik karena kedua tim saling menyerang.

Tekanan yang dilakukan oleh kesebelasan tuan rumah memaksa pemain Malaysia berusaha keras untuk menjaga daerah pertahanannya.

Pada menit ke 13, akibat pelanggaran kerasnya, Mahalli Jazuli mendapatkan kartu kuning pertama dalam pertandingan tersebut. Bahkan tak lama setelah itu, pemain pertahanan Fadhli Shas juga mendapat kartu kuning.

Ternyata, tidak sampai disitu, pada menit ke 43, pemain bertahan Malaysia itu mendapatkan kartu kuning keduanya sehingga wasit mengeluarkan kartu merah pertanda pemain itu harus meninggalkan lapangan hijau.

Kartu kuning kedua Fadhli tersebut karena dia dianggap telah memprovokasi Datsakorn Thonglao. Sampai peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama, kedua tim bermain imbang 0-0.

Pada babak kedua, timnas Thailand terus melakukan tekanan ke daerah pertahanan Malaysia yang terpaksa harus bermain dengan 10 pemain.

Sejumlah tekanan kuat yang dilakukan oleh Thailand sangat merepotkan barisan pertahanan mereka.

Derasnya aliran serangan dari timnas Thailand sepertinya terciptanya gol tinggal menunggu waktu saja.

Gol yang ditunggu-tunggupun akhirnya datang di menit ke 60 Teerasil Dangda berhasil mengecoh Amar Rohidan yang selalu menempel ketat. Setelah melakukan solo run, Teerasil tak menemui kesulitan untuk mencebloskan bola ke gawang Mohd Fariz al Marlias.

Setelah gol pertama tersebut, semakin menambah semangat para pemain Thailand. Bahkan pada menit ke-63, pemain Teerasil lolos dari jebakan offside dan telah berhadapan dengan kiper Farizal Marlias dan namun kiper nomor dua Malaysia tersebut berhasil merebut bola tersebut.

Gempuran timnas Thailand sepertinya enggan berhenti sehingga sejumlah pelanggaran dilakukan oleh pemain Malaysia untuk menghalau aliran bola agar tidak masuk ke gawang mereka.

Dewi fortuna sepertinya berpihak kepada timnas Thailand sehingga gol kedua pun tercipta di menit ke-65 yang dilakukan oleh Theerathon Bunmathan dengan memanfaatkan bola muntah yang ditepis oleh kiper Farizal yang mengarah kepadanya.

Dengan sebuah tendangan keras, Theerathon berhasil menggetar gawang timnas Malaysia dan kedudukan menjadi 2-0 untuk Thailand. Kedudukan tersebut tidak berubah sampai wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua.

Kemenangan ini menjadikan Thailand melaju ke babak final untuk menantang Singapura yang pada pertandingan sehari sebelumnya berhasil menekuk Filipina 1-0.

(N004)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012