Komoditas kelapa dan lada bisa jadi unggulan Indonesia yang bisa membanggakan dan kita bisa menguasai pasar dunia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengharapkan bahwa komoditas kelapa dan lada bisa menjadi unggulan perdagangan Republik Indonesia (RI) serta menguasai pasar global.

"Komoditas kelapa dan lada bisa jadi unggulan Indonesia yang bisa membanggakan dan kita bisa menguasai pasar dunia," katanya usai mengunjungi Sekretariat International Coconut Community (ICC) dan International Pepper Community (IPC) di Jakarta, Rabu (12/4).

Ia mengatakan bahwa Pulau Sumatra memiliki produksi lada yang besar, seperti lada putih dari Bangka Belitung dan lada hitam di Lampung.

Menurutnya, hal ini sangat berpotensi untuk dikembangkan hingga mancanegara.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) pun menggandeng ICC dan IPC untuk saling bertukar informasi guna menyatukan visi misi, dalam mendorong komoditas kelapa dan lada lebih mendunia. Menurut Zulkifli, dua komoditas tersebut sudah menjadi unggulan sejak zaman dulu.

"Sekarang kelihatannya kita perlu menyamakan langkah-langkah menghadapi kompetisi yang tambah ketat, kok kelapa muda kita malah impor, kan kebalik-balik," demikian Zulkifli Hasan.

Baca juga: Mendag sebut hilirisasi lada jadi oleoresin dapat dikembangkan

Baca juga: Kemendag dorong IPC evolusi industri lada global

Baca juga: P2KGHI siap berkontribusi penyediaan bibit kelapa 1 juta batang

Baca juga: Gubernur Babel sebut Indonesia penghasil lada terbesar dunia

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023