Washington (ANTARA) - Para pemimpin keuangan G7 berjanji pada Rabu (12/4/2023) untuk mengambil tindakan guna menjaga stabilitas sistem keuangan global setelah gejolak perbankan baru-baru in,i dan memberi negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah peran yang lebih besar dalam mendiversifikasi rantai pasokan untuk membuat mereka lebih tangguh.

Komunike mereka tidak menyebutkan nama China, tetapi bahasa rantai pasokan cocok dengan upaya "menopang teman" dengan demokrasi industri untuk bekerja sama satu sama lain agar tidak terlalu bergantung pada kekuatan utama manufaktur Asia untuk mineral baterai, semikonduktor, dan barang strategis lainnya.

“Kami berkomitmen untuk bersama-sama memberdayakan negara berpenghasilan rendah dan menengah untuk memainkan peran yang lebih besar dalam rantai pasokan melalui kerja sama yang saling menguntungkan dengan menggabungkan keuangan, pengetahuan, dan kemitraan, yang akan membantu berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan dan meningkatkan ketahanan rantai pasokan secara global,”menteri keuangan dan gubernur bank sentral G7 mengatakan dalam pernyataan itu.

Para kepala keuangan, bertemu di sela-sela pertemuan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia di Washington, mengatakan mereka telah membahas perkembangan sektor keuangan baru-baru ini setelah kegagalan dua bank AS dan penjualan paksa pemberi pinjaman global bermasalah Credit Suisse. Mereka mengatakan ini "menyoroti ketidakpastian tentang prospek ekonomi global dan kebutuhan untuk tetap waspada."

Mereka menegaskan kembali bahwa sistem keuangan tangguh, didukung oleh respons cepat pemerintah terhadap gejolak dan reformasi yang dilaksanakan setelah krisis keuangan tahun 2008.

"Kami akan terus memantau perkembangan sektor keuangan dan siap mengambil tindakan yang tepat untuk menjaga stabilitas dan ketahanan sistem keuangan global," kata para pemimpin keuangan G7.

Para menteri mengatakan bahwa rantai pasokan diperlukan untuk mencapai efisiensi dan ketahanan, membantu menjaga stabilitas ekonomi makro dan membuat ekonomi lebih berkelanjutan. Pernyataan tersebut mengutip kebutuhan untuk mendiversifikasi rantai pasokan "yang sangat terkonsentrasi" untuk teknologi energi bersih.

"Dalam upaya ini, kami akan berdiri teguh untuk melindungi nilai-nilai bersama kami, sambil menjaga efisiensi ekonomi dengan menegakkan sistem multilateral yang bebas, adil, dan berbasis aturan serta kerja sama internasional," kata para pemimpin keuangan G7, menggunakan bahasa yang sering digunakan untuk mengecualikan China dan rezim otokratis lainnya.

G7 terdiri dari Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, dan ketua tahun ini, Jepang - semuanya negara demokrasi industri yang kaya.

Dana Moneter Internasional telah memperingatkan dalam prakiraan ekonomi terbarunya bahwa fragmentasi ekonomi global ke dalam blok-blok geopolitik merupakan faktor signifikan dalam mengurangi potensi pertumbuhan jangka panjang, dengan pertumbuhan hanya 3,0 persen yang diharapkan pada tahun 2028. Itu adalah proyeksi lima tahun terendah sejak IMF mulai mengeluarkan perkiraan tersebut pada tahun 1990.

Tetapi Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire, yang berpartisipasi dalam pertemuan G7, mengatakan diversifikasi seperti itu jauh dari China dan aliansi dengan sekutu diperlukan.

"Sejauh menyangkut produksi hidrogen hijau, atau kecerdasan buatan atau cip semikonduktor, atau baterai listrik, atau barang strategis lainnya, kita harus lebih mandiri," kata Le Maire kepada wartawan.

Selain bekerja lebih erat dengan negara-negara berkembang dalam rantai pasokan, para pejabat keuangan G7 berjanji untuk mendorong upaya penelitian dan pengembangan bersama di antara anggota G7 dan "pihak berkepentingan" lainnya.

Mereka mengatakan akan memberdayakan sektor swasta di negara mereka sendiri untuk mendiversifikasi rantai pasokan mereka, melalui penggunaan alat keuangan publik yang transparan dan dapat diprediksi yang dapat mengkatalisasi sumber daya swasta.

Para menteri juga berjanji untuk mendukung pendidikan, pelatihan dan pengembangan keterampilan, "didukung oleh pemerintahan yang baik dan kepatuhan terhadap hak asasi manusia" dan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca serta meningkatkan perlindungan lingkungan dalam rantai pasokan mereka.

Baca juga: G7 tegaskan kembali peringatan volatilitas nilai tukar berlebihan
Baca juga: Pemimpin G7 peringatkan Rusia "konsekuensi parah" jika gunakan nuklir
Baca juga: Saat pemimpin G7 berunding, Rusia tingkatkan serangan rudal ke Ukraina

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023