AsiaNet 100035

Tokyo (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet)- Pada 27 April 2023, filsuf Buddha dan pembangun perdamaian, Daisaku Ikeda, Presiden Soka Gakkai International (SGI), mengeluarkan pernyataan yang meminta para pemimpin negara G7 yang bertemu di Hiroshima dari tanggal 19 hingga 21 Mei untuk mengambil langkah berani dalam menyelesaikan konflik di Ukraina dan menjamin keamanan seluruh umat manusia dengan memimpin diskusi tentang janji untuk tidak ada penggunaan pertama senjata nuklir.

Ikeda, yang telah lama menjadi pendukung penghapusan senjata nuklir sejak tahun 1960-an, melihat Pertemuan Puncak G7 di Hiroshima sebagai kesempatan untuk membangun atas aktivisme yang tak tergoyahkan dari hibakusha - para korban selamat dari bom nuklir Hiroshima dan Nagasaki - dan tekad mereka agar dampak tragis senjata nuklir tidak pernah terulang lagi.

Dia menyatakan: "Saat para pemimpin G7 kembali mengunjungi konsekuensi aktual dari detonasi senjata nuklir dan pelajaran pahit dari era nuklir, saya mendorong mereka untuk memulai diskusi serius tentang membuat janji tidak ada penggunaan pertama senjata nuklir sehingga pengakuan bersama mereka tentang sifat yang tidak dapat diterima dari senjata nuklir dapat diwujudkan dalam perubahan kebijakan."

Dia memperingatkan bahwa dengan tabu terhadap penggunaan senjata nuklir yang melemah di antara negara-negara pemilik senjata nuklir, dan kerangka kerja untuk mengelola dan mengurangi persenjataan nuklir yang hampir runtuh, tidak pernah ada kebutuhan yang lebih besar untuk menetapkan kebijakan tidak ada penggunaan pertama senjata nuklir.

Mengenai Ukraina, Ikeda mendesak bahwa Pertemuan Puncak Hiroshima harus memberikan "resep harapan" dengan bekerja untuk menghentikan segera serangan terhadap infrastruktur sipil dan mengembangkan rencana konkret untuk negosiasi yang akan menyebabkan penghentian pertempuran.

Dia menekankan bahwa perwakilan masyarakat sipil, seperti dokter dan pendidik yang melindungi kehidupan dan masa depan orang, harus bergabung dalam negosiasi semacam itu sebagai pengamat.

Ikeda merujuk pada karya dokter dari kedua sisi Perang Dingin yang mendirikan IPPNW (International Physicians for the Prevention of Nuclear War) pada awal 1980-an dan bertemu di Hiroshima dengan slogan: "Mari Kita Hidup Bersama, Bukan Mati Bersama." Dengan semangat yang sama, dia menyimpulkan dengan kebutuhan vital untuk beralih ke paradigma "keamanan bersama" untuk seluruh umat manusia.

Ini adalah kali ketiga dalam setahun terakhir bahwa Ikeda, Seorang pembela penghapusan senjata nuklir yang berpengalaman, telah meminta kebijakan Tidak Ada Penggunaan Pertama. Ia pertama kali mendorong deklarasi Tidak Ada Penggunaan Pertama pada tahun 1975, setelah melakukan kunjungan ke para pemimpin dan pemikir terkemuka di kelima negara pemilik senjata nuklir yang diakui.


Soka Gakkai adalah sebuah organisasi Buddha berbasis masyarakat global yang mempromosikan perdamaian, budaya, dan pendidikan. Daisaku Ikeda (1928- ) adalah Presiden Soka Gakkai International (SGI), sebuah asosiasi internasional dari Soka Gakkai dan sebuah NGO yang memiliki status konsultatif dengan UN ECOSOC. Selama lebih dari 40 tahun, Ikeda telah menulis proposal dan pernyataan yang menawarkan pendekatan konkret untuk menyelesaikan masalah-masalah kompleks yang dihadapi manusia.


Sumber: Soka Gakkai

Kontak:
Yuki Kawanaka
Kantor Informasi Publik Internasional
Soka Gakkai
+81-80-5957-4919
kawanaka[at]soka.jp

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023