Beijing, China (ANTARA) - Level permukaan air laut pesisir China pada tahun lalu mencapai level tertinggi sejak 1980, menurut sebuah laporan yang dirilis pada Rabu (12/4) oleh Kementerian Sumber Daya Alam China.

Level permukaan air laut pesisir pada 2022 tercatat 94 mm lebih tinggi dari level rata-rata yang tercatat antara tahun 1993 dan 2011, kata laporan tahunan yang mencatat perubahan level permukaan air laut di China.

Level permukaan air laut pesisir China naik lebih cepat di tengah pemanasan iklim, sebut laporan itu. Dari 1980 hingga 2022, level permukaan air laut pesisir China naik dengan kecepatan 3,5 mm per tahun, sedangkan antara 1993 dan 2022, kecepatannya adalah 4 mm per tahun.

Tingkat kenaikan level permukaan air laut yang terus meningkat tersebut dapat memiliki dampak yang berkepanjangan terhadap lingkungan ekologis serta pembangunan sosial dan ekonomi yang berkelanjutan di wilayah pesisir, sebut laporan tersebut memperingatkan.

Pada 2022, level permukaan air laut pesisir yang lebih tinggi telah memperburuk gelombang badai dan menyebabkan banjir di sejumlah wilayah pesisir, menurut kementerian tersebut, demikian Xinhua dikutip Kamis.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023