Kegiatan ini memiliki dampak positif dalam memotivasi dalam mendorong ketahanan pangan,"
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat sore menyerahkan penghargaan Adi Karya Pangan Nusantara di Istana Negara Jakarta.

Adi Karya Pangan Nusantara adalah penghargaan bagi pihak yang memberikan kontribusi dan berjasa dalam mendorong ketahanan pangan nasional.

Menteri Pertanian Suswono dalam sambutannya mengatakan pemberian penghargaan diberikan sejak 1979 melalui lomba intensifikasi pertanian, mulai 2001 pemberian penghargaan diperluas tidak hanya pada aspek produksi pangan namun juga inovasi dan keseluruhan rantai pasok pangan.

Penghargaan diberikan pada kelompok masyarakat, perorangan dan juga pemerintah daerah.

"Kegiatan ini memiliki dampak positif dalam memotivasi dalam mendorong ketahanan pangan," katanya.

Penilaian pemenang dilakukan oleh Dewan Ketahanan Pangan. Terdapat tim independen yang menilai pemenang penghargaan tersebut selain mendapat penghargaan, pemenang juga akan mendapatkan bantuan pembinaan teknis untuk memperluas.

"Pemenang ada 75 penerima terdiri dari berbagai komponen," katanya.

Masing-masing terdiri dari kepala daerah yang dianggap berprestasi, kelompok tani, penyuluh lapangan, tokoh masyarakat berpengaruh untuk mendorong ketahanan pangan dan beberapa pihak lainnya.

Suswono menambahkan, juga hadir 50 ketua kelompok tani yang menerima piagam penghargaan dari kementerian pertanian.

Presiden dalam acara tersebut didampingi oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono, Menteri Pertanian Suswono serta sejumlah pejabat lainnya.
(P008/B008)


Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012