Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Perum Bulog untuk melakukan operasi pasar guna mengendalikan harga beras di Pasar Pal Tugu, Depok, Jawa Barat.

“Yang belum turun memang beras, tadi saya sudah perintahkan Bulog untuk drop ke pasar ini agar ada seperti operasi pasar,” kata Jokowi di Pasar Pal Tugu, Depok, Kamis.

Jokowi meninjau harga bahan-bahan pokok di Pasar Pal Tugu pada hari-hari terakhir menjelang akhir Ramadhan dan Lebaran 2023. Menurut Jokowi, sejumlah komoditas pangan mengalami penurunan harga seperti bawang merah, telur, bawang putih dan daging ayam.

Namun, beras masih mengalami kenaikan harga. Di luar beras, harga bahan pangan terkendali.

"Harga baik, harga stabil. Yang belanja juga gitu, tidak ada keluhan-keluhan," kata Jokowi.

Dalam beberapa pekan terakhir terutama menjelang dan saat Ramadhan, Jokowi gencar meninjau langsung harga-harga bahan pokok di pasar saat kunjungan kerja ke berbagai provinsi.

Sebelumnya, di Pasar Kelapa, Cilegon, Banten, Selasa (11/4), Jokowi mendapati harga pangan lebih tinggi dibandingkan daerah lain, karena masalah distribusi barang.

"Untuk bawang merah yang kemarin di Boyolali Rp26 ribu, disini Rp35 ribu. Kemudian bawang putih juga Rp40 ribu. Jadi memang tiap daerah berbeda-beda, tetapi ini menunjukkan bahwa distribusinya masih belum baik," kata Jokowi.

Sedangkan di sejumlah pasar di Jawa Tengah, Jokowi melihat harga-harga pangan cenderung stabil, bahkan sejumlah komoditas mengalami penurunan harga.

“Saya dengan Pak Menteri Perdagangan juga Pak Gubernur Jawa Tengah mengecek terakhir kondisi harga-harga menjelang mendekati Lebaran seperti apa? Ternyata yang di sini yang kita lihat turun semuanya,” ujar Jokowi saat meninjau harga bahan pokok di Pasar Cepogo, Boyolali, Senin (10/4).

Harga sejumlah kebutuhan pokok yang mengalami penurunan di Pasar Cepogo antara lain, cabai rawit, telur, bawang putih, dan daging ayam. Penurunan harga tersebut karena banyaknya pasokan produksi di daerah tersebut.

Selain Pasar Cepogo, Jokowi juga berkunjung ke Pasar Legi, Kota Surakarta, Jateng, Senin (10/4). Dia juga melihat bahwa secara umum harga-harga bahan pokok mengalami penurunan di Pasar Legi.

“Kayak telur, telur sudah 25 ribu, sebelumnya di atas Rp30 ribu, bawang merah juga sama turun (jadi) Rp26 ribu, ada yang Rp25 ribu, kemudian bawang putih juga sama turun, Rp24 ribu,” ujar Jokowi.

Baca juga: Jokowi ingatkan masyarakat suntik vaksin booster sebelum mudik
Baca juga: Jokowi minta hunian konsep TOD dibangun di kota lain selain Jakarta
Baca juga: Jokowi perintahkan agar sekolah dan rumah sakit segera dibangun di IKN

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023